Rekonstruksi backend aplikasi seller marketplace umkm dengan model scrum pada produk wisata / Lazuardy Aruna Assyahid - Repositori Universitas Negeri Malang

Rekonstruksi backend aplikasi seller marketplace umkm dengan model scrum pada produk wisata / Lazuardy Aruna Assyahid

Assyahid, Lazuardy Aruna Assyahid (2023) Rekonstruksi backend aplikasi seller marketplace umkm dengan model scrum pada produk wisata / Lazuardy Aruna Assyahid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia merupakan negara yang luas yang terbentuk atas berbagai macam budaya dan kekayaan alam yang berbeda tiap masing-masing daerah. Keberagaman tersebut mendukung masyarakat lokal untuk membuat produk yang khas. Produk yang telah dibuat oleh masyarakat lokal dipasarkan melalui cara tradisional melalui bisnis seperti toko cinderamata atau toko oleh-oleh yang biasa disebut dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Namun dengan berkembangnya zaman cara mempromosikan produk dengan cara tradisional tidak dapat menjangkau jumlah konsumen yang sama dibandingkan apabila produk tersebut dipromosikan secara digital. Masyarakat lokal yang bergantung pada produk lokal daerah mereka sebagai produk utama dalam bisnis mereka tentu saja tidak akan mendapat keuntungan maksimal apabila terus menggunakan cara konvensional tersebut. Sebelumnya telah dikembangkan sebuah aplikasi seller marketplace berbasis mobile bernama Locahub. Aplikasi tersebut merupakan marketplace yang menggunakan produk lokal suatu daerah yang dijual oleh para pelaku UMKM sebagai produk utama. Peneliti akan melakukan rekonstruksi terhadap aplikasi tersebut agar dapat digunakan oleh para pelaku UMKM tersebut untuk memasarkan produk mereka secara online mempermudah transaksi dengan menggunakan pembayaran digital. Penelitian ini akan dilakukan menggunakan model Scrum yang merupakan bagian dari Agile Software Development dengan tujuan untuk mempermudah rekonstruksi aplikasi sesuai dengan permintaan pengguna serta menghasilkan aplikasi dengan kualitas yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292864

Actions (login required)

View Item View Item