Kemiripan teks pada open-ended concept map untuk mengungkap pengetahuan pengguna / Fata 'Aunillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemiripan teks pada open-ended concept map untuk mengungkap pengetahuan pengguna / Fata 'Aunillah

'aunillah, Fata (2023) Kemiripan teks pada open-ended concept map untuk mengungkap pengetahuan pengguna / Fata 'Aunillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Open-ended concept map adalah metode visualisasi informasi yang memberikan kebebasan kepada individu untuk mengorganisir konsep dan ide tanpa batasan yang ketat. Tantangan utama dalam penggunaan open-ended concept map adalah dimana model ini akan lebih sulit dalam menilai dan mengevaluasi perbedaan pemahaman antara guru dan peserta didik karena akan ada banyak variasi peta konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap variasi dalam pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep yang diajarkan oleh guru melalui penggunaan open-ended concept map dengan metode text similarity. Penelitian ini mengikuti tahapan metode dalam CRISP-IM dengan fokus pada penggunaan metode text similarity Jaccard similarity untuk mengungkap pola pengetahuan peserta didik. Data yang digunakan adalah peta konsep guru dan open-ended concept map peserta didik yang dianalisis menggunakan Jaccard similarity untuk mengukur tingkat kesamaan. Hasil penelitian menunjukkan variasi yang signifikan dalam tingkat kesamaan antara guru dan peserta didik dengan rata-rata Jaccard similarity sebesar 46.84%. Beberapa peserta didik menunjukkan tingkat kesamaan yang tinggi dengan guru sementara yang lain memiliki tingkat kesamaan yang rendah. Temuan ini mengindikasikan adanya perbedaan dalam pemahaman konsep-konsep di antara peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2023 04:29
Last Modified: 03 Nov 2023 06:02
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292861

Actions (login required)

View Item View Item