Desain dan analisis pid controller menggunakan metode genetic algorithm pada boost converter tipe ccm / Ayu Kusuma Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Desain dan analisis pid controller menggunakan metode genetic algorithm pada boost converter tipe ccm / Ayu Kusuma Dewi

Dewi, Ayu Kusuma Dewi (2023) Desain dan analisis pid controller menggunakan metode genetic algorithm pada boost converter tipe ccm / Ayu Kusuma Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Boost converter merupakan salah satu jenis DC-DC Converter yang berfungsi untuk menaikkan tegangan sehingga menghasilkan tegangan keluaran yang lebih tinggi dibandingkan tegangan inputnya. Namun untuk menghasilkan tegangan keluaran yang stabil dan sesuai dengan nilai yang diinginkan diperlukan suatu controller salah satunya dengan menggunakan PID controller. Apabila konstanta PID dapat ditentukan dengan tepat maka akan didapatkan respon tegangan yang memiliki settling time cepat serta mampu menghilangkan overshoot. Penentuan parameter PID controller menggunakan metode konvensional masih memiliki beberapa kekurangan diantaranya kurang optimal jika digunakan untuk sistem nonlinear dan memiliki orde tinggi. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendesain dan menganalisis PID controller menggunakan metode genetic algorithm yang akan diterapkan pada boost converter sehingga tegangan keluaran yang dihasilkan menjadi lebih stabil. Tahapan dalam penelitian ini yaitu (1) studi literatur (2) desain open loop boost converter (3) analisis perhitungan desain boost converter (4) proses tuning PID controller dengan menggunakan metode genetic algorithm (5) proses tuning PID controller dengan menggunakan metode ziegler nichols (6) simulasi desain rangkaian (7) membandingkan respon tegangan output antara metode genetic algorithm dan ziegler nichols (8) analisis hasil simulasi. Tipe mode operasi boost converter yang akan diteliti adalah CCM (Continuous Conduction Mode). Proses pembuatan desain dilakukan dengan menggunakan bantuan software MATLAB/SIMULINK. Perbandingan dilakukan berdasarkan nilai overshoot dan settling time yang dihasilkan pada respon tegangan output boost converter menggunakan PID controller antara yang menggunakan metode tuning genetic algorithm dengan metode ziegler nichols. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai overshoot yang dihasilkan oleh boost converter tanpa PID controller adalah 55 7% dengan nilai settling time 0 0767s. Nilai overshoot paling kecil yang dihasilkan oleh metode genetic algorithm adalah 0% sedangkan nilai settling time paling singkat adalah 0 000294s. Nilai overshoot yang dihasilkan metode ziegler nichols adalah 3 35% dengan nilai settling time 0 1302s. Penggunaan PID controller dapat memperbaiki overshoot serta settling time pada respon tegangan output boost converter tipe CCM. Penggunaan genetic algorithm dalam proses tuning PID controller mampu memberikan overshoot yang lebih kecil dan settling time yang lebih singkat jika dibandingkan dengan metode tuning ziegler nichols.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292846

Actions (login required)

View Item View Item