Pengembangan media pembelajaran interaktif macromedia flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran (studi pada siswa kelas X APK SMK Terpadu Al-Ishlahiyah Singosari) / Andisah Zubaidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif macromedia flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran (studi pada siswa kelas X APK SMK Terpadu Al-Ishlahiyah Singosari) / Andisah Zubaidah

Zubaidah, Andisah (2017) Pengembangan media pembelajaran interaktif macromedia flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran (studi pada siswa kelas X APK SMK Terpadu Al-Ishlahiyah Singosari) / Andisah Zubaidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zubaidah Andisah. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Studi Pada Siswa Kelas X APK SMK Terpadu Al-Ishlahiyah Singosari. Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M Kata Kunci media pembelajaran berbasis macromedia flash hasil belajar Pemanfaatan TIK dalam dunia pendidikan sudah mulai menyebar luas mulai dari jenjang pendidikan dasar menengah sampai perguruan tinggi meskipun variasi dan fokus pemanfaatannya berbeda-beda. Media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash merupakan media untuk membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran Otomatisasi Perkantoran. Berdasarkan informasi dari guru mata pelajaran otomatisasi perkantoran diperoleh informasi bahwa beberapa siswa kesulitan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain itu banyak siswa yang kebingungan dalam mengulang materi yang telah dipelajari dan apabila guru berhalangan hadir dan memberikan tugas praktik kepada siswa maka banyak siswa yang masih kesulitan dalam mengerjakan tugas praktik karena lupa dengan materi yang telah dipelajari. Untuk lebih memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan meningkatkan pemahaman siswa penelitian ini mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Studi Pada Siswa Kelas X APK SMK Terpadu Al-Ishlahiyah Singosari. Penelitian pengembangan ini menggunakan model R D yang dikembangkan oleh Sugiono pada penelitian ini menggunakan 7 langkah pengembangan yaitu potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk dan revisi produk. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) tes dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik persentase dan rata-rata kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil validasi dari ahli materi ahli media dan pengguna didapat sebesar 86 4% 94 5% dan 90 3% (2) terdapat peningkatan hasil rata-rata siswa dari sebelum menggunakan media pembelajaran sebesar 79 1% menjadi 85 2% setelah menggunakan media pembelajaran macromedia flash. Uji Paired Sample T-Test memperoleh nilai 0 01 lebih kecil dari 0 05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran menguraikan cara mengoperasikan microsoft excel memiliki kriteria sangat layak/valid digunakan. Saran kepada guru dan siswa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash ini sebaiknya dipersiapkan terlebih dahulu sarana berupa perangkat komputer/laptop dan perangkat penunjang seperti LCD proyektor serta speaker untuk mendengarkan video dalam media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29284

Actions (login required)

View Item View Item