Pengaruh minat belajar dan kelengkapan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi (studi pada siswa kelas X APK SMK 3 Muhammadiyah Singosari) / Yudik Nasrul Mutaqin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat belajar dan kelengkapan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi (studi pada siswa kelas X APK SMK 3 Muhammadiyah Singosari) / Yudik Nasrul Mutaqin

Mutaqin, Yudik Nasrul (2017) Pengaruh minat belajar dan kelengkapan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi (studi pada siswa kelas X APK SMK 3 Muhammadiyah Singosari) / Yudik Nasrul Mutaqin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mutaqin Yudik Nasrul. 2017. Pengaruh Minat Belajar dan Kelengkapan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Korespondensi. (Studi Pada Siswa Kelas X APK SMK Muhammadiyah 3 Singosari). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sarbini M.Pd. Kata Kunci Minat Belajar Kelengkapan Sumber Belajar Hasil Belajar. Hasil belajar merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar. Hasil belajar menjadi salah satu indikasi berhasil tidaknya suatu pendidikan. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya faktor intern (Minat Belajar) dan faktor ekstern (Kelengkapan Sumber Belajar). Tujuan dari penelitian adalah mengungkap pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi dan kelengkapan sumber belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran korepondensi siswa SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis statistika deskriptif untuk menggambarkan fakta tentang suatu keadaan yang terjadi dan analisis statistika inferensial untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara variabel bebas terhadap veriabel terikat. Subyek penelitian adalah siswa APK SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Populasi penelitian adalah 84 individu. Penelitian dilakukan dengan seluruh populasi yang ada. Data diperoleh melalui kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistika deskriptif dan inferensial dengan bantuan program aplikasi SPSS 22.00 for windows. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa deskripsi minat belajar yang meliputi mengikuti pelajaran korespondensi memperhatikan saat guru memberikan penjelasan dan mengerjakan tugas yang diberikan guru adalah baik. Kelengkapan sumber belajar yang meliputi ketersediaan sarana dan prasarana dalam pembelajaran di kelas maupun sumber belajar diluar pembelajaran dalam kelas adalah baik. Hasil belajar yang diambil dari nilai UAS mata pelajaran korespondensi Administrasi Perkantoran kelas X adalah baik. Sedangkan dari hasil analisis statistika inferensial menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dan kelengkapan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi kelas X APK Muhammadiyah 3 Singosari. Saran bagi Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 3 Singosari untuk lebih memperhatikan minat belajar dan kelengkapan sumber belajar yang ada disekolah diantaranya dengan membuat model pembelajaran yang lebih menarik untuk meningkatkan semangat siswa dalam belajar serta didukung dengan penambahan sumber belajar yang digunakan sebagai media untuk mempermudah siswa dalam belajar. Selain itu pesertaa didik senantiasa memupuk minat belajar pada dirinya agar medapatkan hasil yang diinginkannya dan mampu menggapai cita-citanya. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya meneliti variabel lain di luar minat belajar dan kelengkapan sumber belajar sehingga akan diketahui faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29283

Actions (login required)

View Item View Item