Analisis kerusakan jalan menggunakan metode surface distress index (sdi) dan pavement condition index (pci) (studi kasus ruas jl. dr. ir. soekarno, kabupaten malang) / Jihan Pahlevi Naelufar - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kerusakan jalan menggunakan metode surface distress index (sdi) dan pavement condition index (pci) (studi kasus ruas jl. dr. ir. soekarno, kabupaten malang) / Jihan Pahlevi Naelufar

Naelufar, Jihan Pahlevi Naelufar (2023) Analisis kerusakan jalan menggunakan metode surface distress index (sdi) dan pavement condition index (pci) (studi kasus ruas jl. dr. ir. soekarno, kabupaten malang) / Jihan Pahlevi Naelufar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kerusakan jalan merupakan sebuah kondisi dimana suatu jalan sudah tidak mampu lagi memberikan pelayanan optimal terhadap kendaraan yang melintas pada jalan tersebut baik dari segi struktural maupun fungsional. Kerusakan jalan dapat diakibatkan oleh beberapa faktor antara lain peningkatan beban kendaraan dan pengulangan beban air yang tidak mengalir dengan baik dari jalan atau air hujan sifat material konstruksi perkerasan yang buruk suhu udara curah hujan tinggi serta kondisi tanah dasar yang tidak stabil. Jalan Dr. Ir. Soekarno merupakan salah satu jalan kabupaten yang terdapat di Kabupaten Malang yang mengalami kerusakan jalan cukup parah dengan jumlah kendaraan yang melintas tiap harinya cukup banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis kerusakan jalan apa saja yang terdapat pada ruas jalan mendapatkan nilai kondisi dan kualitas perkerasan jalan dengan menggunakan metode analisis kerusakan jalan serta memutuskan jenis penanganan jalan apa yang tepat dan menyusun urutan prioritas penanganan jalan pada jalan yang mengalami kerusakan. Dalam penelitian ini menggunakan dua metode analisis kerusakan jalan yaitu metode Surface Distress Index (SDI) dan Pavement Condition Index (PCI) tahapan analisis dari kedua metode tersebut adalah melakukan pengukuran panjang lebar dan kedalaman kerusakan jalan secara visual dan data yang diperoleh akan dicatat pada formulir survei kemudian data pengukuran dari kerusakan sebuah area jalan akan dianalisis menggunakan metode SDI dan PCI. Metode SDI memiliki rentang nilai 0-150 sedangkan untuk metode PCII memiliki rentang nilai 0-100 untuk menilai kondisi kerusakan jalan. Hasil analisis dari penelitian ini adalah kerusakan jalan yang paling dominan untuk jalan arah Malang-Blitar adalah retak kulit buaya (alligator cracking) dengan total kerusakan 48% pengausan agregat (polished aggregate) dengan total kerusakan 21% tambalan (patching) dengan total kerusakan 12% dan kerusakan jenis lain (14 jenis kerusakan) dengan total kerusakan 19%. Sedangkan untuk jalan arah Blitar-Malang kerusakan yang paling dominan adalah retak kulit buaya (alligator cracking) dengan total kerusakan 59% pelepasan butir (weathering/ravelling) dengan total kerusakan 14% pelapukan dengan total kerusakan 12% dan kerusakan jenis lain (12 jenis kerusakan) dengan total kerusakan 15%. Berdasarkan hasil analisis kondisi jalan metode SDI urutan prioritas penanganan jalan urutan pertama adalah ruas jalan arah Malang-Blitar dengan jenis penanganan jalan mayoritas yang dibutuhkan adalah pemeliharaan berkala dan diurutan kedua adalah ruas jalan arah Blitar-Malang dengan jenis penanganan jalan mayoritas yang dibutuhkan adalah pemeliharaan rutin. Sedangkan untuk metode PCI urutan prioritas penanganan jalan urutan pertama adalah ruas jalan arah Malang-Blitar dengan jenis penanganan jalan mayoritas yang dibutuhkan adalah rekonstruksi dan diurutan kedua adalah ruas jalan arah Blitar-Malang dengan jenis penanganan jalan mayoritas yang dibutuhkan adalah pemeliharaan berkala.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292811

Actions (login required)

View Item View Item