Studi kelayakan lalu lintas pembangunan underpass simpang blimbing, kota malang / Ahmad Akmal Maulid Negara - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kelayakan lalu lintas pembangunan underpass simpang blimbing, kota malang / Ahmad Akmal Maulid Negara

Negara, Ahmad Akmal Maulid Negara (2023) Studi kelayakan lalu lintas pembangunan underpass simpang blimbing, kota malang / Ahmad Akmal Maulid Negara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan kemacetan merupakan hal yang harus dihadapi oleh warga Malang. Salah satu contoh daerah rawan macet berada pada simpang Blimbing. Pada simpang arah selatan yaitu Jl. Borobudur dan Jl. A. Yani Selatan didapatkan Panjang antrian 600 meter. Panjangnya antrian menandakan bahwa simpang Blimbing tersebut sudah tidak dapat menampung volume kendaraan yang melintas serta melayani arus lalu lintas. Analisis lalu lintas berupa karakteristik kondisi lalu lintas pada saat eksisting dan membandingkan kinerja lalu lintas saat sebelum dan sesudah dibangunnya underpass ditinjau dari derajat kejenuhan (DJ) dan tundaan (T) simpang. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk (1) Mendeskripsikan karakteristik lalu lintas pada masing-masing lengan simpang Blimbing (2) Mengetahui kelayakan lalu lintas terhadap perencanaan underpass dan memperkirakan kinerja lalu lintas setelah adanya underpass simpang Blimbing. Metode penelitian yang digunakan mengacu pada PKJI 2014 yang dibantu disimulasikan menggunakan software PTV Vissim 2022. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi langsung dilapangan dengan bantuan 22 surveyor formulir SIS dan dokumentasi lalu lintas simpang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Jam puncak (peak hour) pada simpang ini yaitu hari senin sore pukul 17.00 ndash 18.00 WIB kondisi eksisting simpang blimbing sudah tidak dapat menampung kendaraan yang lewat artinya simpang tidak memenuhi kondisi ideal dengan nilai derajat kejenuhan sebesar 1 031 DJ gt 0 85 serta tundaan rata-rata rata-rata simpang (T) sebesar 172 91 detik termasuk Level of Service (LOS) F (2) Setelah dibangunnya underpass DJ pada simpang tersebut menurun menjadi 0 708 sementara nilai tundaan didapatkan sebesar 20 49 detik termasuk LOS C. Sedangkan DJ khusus pada bagian underpass pada tahun 2023 sebesar 0 304 LOS B. Berdasarkan analisis kelayakan dari segi lalu lintas dengan nilai DJ dibawah 0 85 maka rencana pembangunan underpass pada simpang blimbing Malang ini dapat dikatakan layak untuk dibangun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292810

Actions (login required)

View Item View Item