Analisis kebutuhan dan ketersediaan air bersih di desa sukosari kecamatan gondanglegi kabupaten malang / Rezky Ramadhan - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kebutuhan dan ketersediaan air bersih di desa sukosari kecamatan gondanglegi kabupaten malang / Rezky Ramadhan

Ramadhan, Rezky Ramadhan (2023) Analisis kebutuhan dan ketersediaan air bersih di desa sukosari kecamatan gondanglegi kabupaten malang / Rezky Ramadhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di daerah Desa Sukosari Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang kebutuhan air bersih diperkirakan akan meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk. Tidak adanya jaringan air bersih dari PDAM dan kedalaman sumur yang relatif dalam adalah dua faktor yang menyebabkan masalah dalam pemenuhan air bersih tersebut. Studi ini bertujuan untuk merencanakan sistem distribusi air bersih di Desa Sukosari Gondanglegi Malang berdasarkan tingkat kebutuhan dan ketersediaan air di sana baik saat ini maupun saat pengembangan hingga sepuluh tahun yang akan datang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian dimulai dengan pengumpulan data tentang curah hujan klimatologi debit sumber air kualitas air dan data topografi untuk pemetaan jaringan perpipaan. Analisis yang dilakukan yaitu analisis proyeksi penduduk analisis kebutuhan air dan analisis ketersediaan air. Hasil perhitungan debit andalan dengan probabilitas 90% menghasilkan nilai rata-rata tahunan sebesar 12 37 liter/detik. Berdasarkan hasil perhitungan proyeksi penduduk jumlah penduduk diproyeksikan sebesar 4038 jiwa pada 10 tahun mendatang dengan kebutuhan air 10 52 liter/detik. Hasil uji kualitas air dari sumber air menunjukkan bahwa meskipun air tidak memenuhi standar untuk diminum air dari sumber air masih dapat digunakan untuk kebutuhan rumah tangga seperti mandi mencuci dll. Program komputer Epanet 2.2 digunakan untuk memodelkan alur distribusi air bersih dan menghasilkan rencana untuk membangun jaringan pipa di seluruh wilayah desa. Hasilnya menunjukkan bahwa satu unit pompa dengan kapasitas debit 10 52 liter/detik dan head 85 meter dipasang pengaliran dimulai dengan pemompaan air dari reservoir ke tandon yang kemudian menggunakan gravitasi untuk mengalir ke rumah warga dan fasilitas desa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292808

Actions (login required)

View Item View Item