Optimasi siklus lampu sinyal lalu lintas pada simpang bersinyal terkoordinasi di jalan ahmad yani kota malang / Wiwin Indriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Optimasi siklus lampu sinyal lalu lintas pada simpang bersinyal terkoordinasi di jalan ahmad yani kota malang / Wiwin Indriana

Indriana, Wiwin Indriana (2023) Optimasi siklus lampu sinyal lalu lintas pada simpang bersinyal terkoordinasi di jalan ahmad yani kota malang / Wiwin Indriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring dengan bertambahnya tahun jumlah penduduk diberbagai kota di Indonesia juga semakin meningkat. Salah satu simpang yang selalu dipadati kendaraan terutama pada jam-jam sibuk hari kerja di Kota Malang adalah simpang di Jalan Borobudur dan Jalan L. A. Sucipto yang dihubungkan oleh Jalan Ahmad Yani. Penumpukan kendaraan sering terjadi di Jalan Ahmad Yani dan Masjid Sabilillah setelah kendaraan keluar dari pintu tol Singosari Malang. Lampu lalu lintas yang jaraknya pendek diduga menjadi penyebab kemacetan. Jarak antar simpang yang pendek membuat kendaraan harus berhenti terlebih dahulu karena mendapat sinyal merah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil kinerja simpang software Transyt 16 dan MKJI (2) mendeskripsikan kinerja pada simpang untuk 5 tahun mendatang (3) merencanakan optimasi lampu lalu lintas pada simpang. Metode penelitian ini menggunakan Transyt 16 serta MKJI untuk menghitung kinerja simpang pada kondisi eksisting yang kemudian menjadi acuan untuk menghitung kinerja simpang untuk 5 tahun yang akan datang serta optimasi pada Transyt. Optimasi menggunakan Transyt dilakukan dengan metode trial-error dengan range waktu siklus 90-200 s. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) kinerja simpang pada kondisi eksisting sangat jenuh dimana simpang di Jalan L. A Sucipto dan Jalan Borobudur yang dihubungkan oleh Jalan Ahmad Yani memiliki nilai DS 0 93 untuk setiap pendekat. Tundaan rata-rata sebesar 78 53 det/smp kategori F. Perhitungan Transyt diperoleh nilai tundaan rata-rata simpang sebesar 68 36 s/veh kategori F. (2) Hasil prediksi kinerja simpang kondisi eksisting untuk 5 tahun kedepan diperoleh nilai tundaan sebesar 93 30 det/smp tingkat pelayanan kategori F sedangkan untuk derajat kejenuhan pada setiap pendekat yaitu 0 95. (3) Perhitungan optimasi menggunakan Transyt 16.0 didapatkan hasil waktu siklus lalu lintas yang paling optimum adalah 150s dengan hasil tundaan rata-rata 56 06 s/veh tingkat pelayanan kategori D. Hasil validasi menggunakan GEH pada trial dengan waktu siklus 150s kurang dari 5 sehingga hasil simulasi dapat terima

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292805

Actions (login required)

View Item View Item