Analisis dan koordinasi sinyal pada simpang jalan ciliwung dan sulfat ruas jalan sunandar priyo sudarmo kota malang / Atha Hanuna Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis dan koordinasi sinyal pada simpang jalan ciliwung dan sulfat ruas jalan sunandar priyo sudarmo kota malang / Atha Hanuna Amalia

Amalia, Atha Hanuna (2023) Analisis dan koordinasi sinyal pada simpang jalan ciliwung dan sulfat ruas jalan sunandar priyo sudarmo kota malang / Atha Hanuna Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Simpang Jalan Ciliwung dan Simpang jalan Sulfat merupakan Simpang bersinyal yang berdekatan jarak dari kedua simpang ini yaitu 270 m. Kedua simpang berdekatan ini belum terkoordinasi karena memiliki waktu siklus yang berbeda. Jarak yang berdekatan apabila tidak dikoordinasi dapat menyebabkan tambahan tundaan dan antrian yang menumpuk. Kemacetan terjadi pada Simpang Jalan Ciliwung ke arah Simpang jalan Sulfat karena Panjang antrian dari Simpang Jalan Sulfat pendekat utara menjalar sehingga menyebabkan terhambatnya arus. Pada penelitian ini memiliki dua tujuan (1) menganalisis kinerja pada Simpang Jalan Ciliwung dan Sulfat kondisi eksisting (2) mengkoordinasikan sinyal pada Simpang Jalan Ciliwung dan Sulfat. Analisis kinerja simpang dilakukan menggunakan pedoman PKJI 2014. Analisis dilakukan perhitungan dengan bantuan formulir yang ada pada PKJI 2014. Setelah diperoleh kinerja eksisting maka dilakukan perencanaan waktu siklus baru untuk pengkoordinasian. Pengkoordinasian menggunakan metode Offset dan Bandwidth dengan menggunakan waktu siklus yang sama pada kedua simpang. Perencanaan waktu siklus dilakukan dengan mensimulasikan beberapa waktu siklus perencanaan yang menghasilkan kinerja pada kedua simpang yang lebih baik. Pada penelitian ini telah dilakukan tujuh perencanaan waktu siklus yang berbeda. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini (1) kinerja kedua simpang pada kondisi eksisting yang terjadi pada jam puncak pada kedua simpang menunjukkan tingkat pelayanan pada Simpang Jalan Ciliwung dengan nilai F dan Simpang Jalan Sulfat menunjukkan tingkat pelayanan E (2) koordinasi pada kedua simpang kondisi eksisting belum terlaksana. Untuk itu dilakukan tujuh perencanaan waktu siklus untuk menyamakan waktu siklus kedua simpang. Dari tujuh perencanaan yang dipilih yaitu perencanaan 7 dengan waktu siklus baru sebesar 90 detik. Pengkoordinasian menggunakan diagram koordinasi dengan offset 50 detik dan diperoleh bandwidth sebesar 40 detik. Setelah dikoordinasikan tingkat pelayanan pada Simpang Jalan Ciliwung menurun sebesar 6 4 detik namun tingkat pelayanan tetap F. Sedangkan pada Simpang Jalan Sulfat tundaan turun sebesar 15 4 detik dan tingkat pelayanan meningkat menjadi D.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2023 04:29
Last Modified: 25 Sep 2024 03:06
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292801

Actions (login required)

View Item View Item