Pemetaan kenyamanan termal area selter dan jalur pedestrian kawasan gkb um menggunakan sig / Widyan Hirzi Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemetaan kenyamanan termal area selter dan jalur pedestrian kawasan gkb um menggunakan sig / Widyan Hirzi Wibowo

Wibowo, Widyan Hirzi Wibowo (2023) Pemetaan kenyamanan termal area selter dan jalur pedestrian kawasan gkb um menggunakan sig / Widyan Hirzi Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Area selter dan jalur pedestrian GKB UM merupakan ruang luar yang sering menjadi tempat beraktivitas. Kawasan ini menjadi pusat aktivitas perkuliahan. Area selter digunakan sebagai Outdoor Learning Space yang artinya kawasan ini merupakan area pembelajaran sehingga perlu didesain dengan mempertimbangkan kenyamanan lingkungan. Oleh karena itu perlu diketahui kondisi fisik kondisi iklim mikro dan kondisi kenyamanan termal pada kawasan ini. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dimana masing-masing peta akan dijelaskan secara deskriptif. Pengambilan data dilakukan pada 17 titik yang didasarkan pada orientasi bangunan dan tipe aktivitas yang dilakukan. Pengolahan peta dilakukan dengan aplikasi ArcGIS 10.8. Selain pembuatan peta analisis juga dilakukan terhadap hal-hal yang mempengaruhi variabel iklim mikro yaitu kondisi fisik berupa tutupan lahan area sekitar titik sampel kondisi bayangan dan objek penghalang angin. Kondisi fisik area selter dan jalur pedestrian kawasan GKB UM hanya terdapat dua area yang memenuhi syarat pohon peneduh. Kondisi suhu udara rata-rata area selter dan jalur pedestrian kawasan GKB UM terdapat tiga rentang seluruhnya masih belum memenuhi standar klasifikasi suhu udara nyaman. Kondisi kelembaban relatif rata-rata terdapat dua rentang dengan klasifikasi sedang dan satu rentang dengan klasifikasi lembab. Kondisi kecepatan angin rata-rata terdapat lima rentang dengan klasifikasi hembusan udara ringan dan dua rentang dengan klasifikasi aliran udara ringan. Kondisi suhu radiasi rata-rata terdapat empat rentang suhu radiasi rata-rata yang semuanya tidak termasuk dalam klasifikasi suhu radiasi yang nyaman. Kondisi kenyamanan termal area selter dan jalur pedestrian kawasan GKB UM memiliki tiga kategori kenyamanan termal yaitu agak panas nyaman dan agak dingin. Analisis luas spasial kondisi kenyamanan termal area selter dan jalur pedestrian kawasan GKB UM sebagian besar area memiliki kondisi nyaman dengan persentase sebesar 92.7 % sedangkan area kondisi agak panas dengan persentase sebesar 6.7 % dan area kondisi agak dingin dengan persentase sebesar 0.5 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292800

Actions (login required)

View Item View Item