Pengembangan media pembelajaran filmstrip berbasis camtasia studio pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Pagak Kabupaten Malang) / Rochmah Tissak Diyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran filmstrip berbasis camtasia studio pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Pagak Kabupaten Malang) / Rochmah Tissak Diyah

Diyah, Rochmah Tissak (2017) Pengembangan media pembelajaran filmstrip berbasis camtasia studio pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Pagak Kabupaten Malang) / Rochmah Tissak Diyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Diyah R. T. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Filmstrip Berbasis Camtasia Studio pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Pagak Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Hj. Wasiti S.Sos. M.Si Kata Kunci filmstrip camtasia studio hasil belajar Media pembelajaran filmstrip berbasis Camtasia Studio merupakan media pembelajaran yang digunakan untuk membantu guru dalam penyampaian materi yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Melalui pengembangan media pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran pada kompetensi dasar Menguraikan Cara Mengirim Dokumen Secara Online. Pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran filmstrip berbasis Camtasia Studio pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran materi mengirim dokumen secara online (2) untuk mengetahui kelayakan media yang telah dikembangkan dari hasil validasi (3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran filmstrip berbasis Camtasia Studio dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Dick Carey yang terdiri dari tahapan sebagai berikut (1) tahap analisis kebutuhan yang bertujuan untuk mengkaji tujuan dari media yang akan dikembangkan dengan menganalis kurikulum analisis silabus dan menetapkan media yang akan digunakan (2) tahap pendefinisian produk pendefinisian produk berupa rancangan atau bagan sebagai pegangan dalam menilai dan membuatnya (3) tahap validasi dan evaluasi tahap ini media yang telah dibuat divalidasi kemudian dievaluasi untuk menyempurnakan media pembelajaran agar layak digunakan dan (4) tahap produk akhir tahap ini adalah tahap penggunaan media yang telah dikembangkan. Validasi produk dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media serta siswa sebagai pengguna. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif yang berupa hasil wawancara validasi dan perhitungan hasil uji coba soal. Teknik dalam menghitung analisis butir soal posttest yang baik digunakan taraf kesukaran dan daya pembeda soal. Sedangkan untuk melihat perbedaan hasil belajar menggunakan analisis rata-rata hasil belajar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa melalui validasi yang dilakukan dengan hasil 85% dari dua ahlimedia 92% dari dua ahli materi dan 85 2% dari 10 pengguna media pembelajaran dinyatakan sudah valid dan layak digunakan. Dari hasil posttest yang dianalisis dengan uji t menggunakan SPSS terlihat bahwa rata-rata dari siswa kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol selain itu dari analisis uji t menunjukkan bahwa nilai thitung ttabel (2 460 1 99656) dengan probabilitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29280

Actions (login required)

View Item View Item