Analisis struktur cold-formed steel sistem rangka bresing eksentris dengan variasi panjang link / Halimah Nur Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis struktur cold-formed steel sistem rangka bresing eksentris dengan variasi panjang link / Halimah Nur Azizah

Azizah, Halimah Nur Azizah (2023) Analisis struktur cold-formed steel sistem rangka bresing eksentris dengan variasi panjang link / Halimah Nur Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan aktivitas gempa bumi yang tinggi. Gempa bumi menimbulkan terjadinya simpangan (drift) dan gaya geser pada bangunan. Apabila struktur tidak dapat menahan simpangan dan gaya geser yang terjadi maka struktur dapat mengalami kegagalan. Konstruksi bangunan baja dapat menguntungkan dalam struktur bangunan tahan gempa karena bersifat ringan dan cocok dalam memikul beban. Material cold-formed steel yang populer pada saat ini dapat digunakan dalam perencanaan struktur. Dikombinasikan dengan sistem rangka bresing eksentris sebagai salah satu konfigurasi dalam stuktur bangunan baja diharapkan struktur dapat bekerja secara efektif dalam menahan gempa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai gaya geser dasar nilai simpangan dan letak sendi plastis struktur cold-formed steel yang direncanakan. Dalam mencapai tujuan penelitian ini dilakukan analisis numerik dengan menggunakan software ETABS. Rancangan dalam penelitian ini diawali dengan tahap perencanaan profil cold-formed steel yang akan digunakan kemudian dilanjutkan dengan perencanaan panjang balok link. Dari perencanaan profil cold-formed steel maka ditentukan profil yang digunakan adalah profil hollow box dan C-channel. Kemudian dari hasil perencanaan panjang balok link dalam penelitian ini digunakan tiga variasi panjang balok link (e 10 cm 20 cm dan 30 cm) dan model uji kontrol berupa struktur tanpa bresing. Setiap jenis profil memiliki empat variasi model sehingga secara keseluruhan terdapat 8 model uji dalam penelitian ini. Penelitian ini memberikan hasil bahwa penambahan bresing eksentris pada struktur nilai gaya geser dasar akan meningkat. Struktur hollow box dengan bresing dapat menambah nilai gaya geser dasar hingga 270 632%. Sedangkan struktur C-channel dengan bresing nilai gaya geser dasar berkurang hingga 35 381%. Dengan penambahan bresing secara umum nilai simpangan struktur dapat berkurang. Simpangan terbesar pada struktur cold-formed steel dengan bresing terjadi pada struktur dengan link panjang. Pada struktur hollow box dengan link pendek simpangan arah x dapat berkurang hingga 98 845% dan arah y 75 00%. Pada struktur C-channel dengan link pendek simpangan pada arah x mengalami penurunan hingga 99 246% dan pada arah y 96 207%. Dari hasil analisis pushover struktur cold-formed steel sendi plastis pertama pada struktur cold-formed steel terjadi pada steps ke-2 hingga steps ke-4. Sendi plastis tersebut secara keseluruhan terjadi pada balok link. Selain itu struktur dengan link menengah memiliki kekuatan dan kekakuan lebih baik dibanding link pendek dan link menengah. Dan pada link panjang memiliki daktilitas lebih besar dibandingkan link pendek dan link menengah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292797

Actions (login required)

View Item View Item