Evaluasi kinerja simpang empat bersinyal pada jalan laksamana adi sucipto-jalan raden panji suroso-jalan sunandar priyo sudarmo kota malang / Tintus Dwi Hersando - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi kinerja simpang empat bersinyal pada jalan laksamana adi sucipto-jalan raden panji suroso-jalan sunandar priyo sudarmo kota malang / Tintus Dwi Hersando

Hersando, Tintus Dwi Hersando (2023) Evaluasi kinerja simpang empat bersinyal pada jalan laksamana adi sucipto-jalan raden panji suroso-jalan sunandar priyo sudarmo kota malang / Tintus Dwi Hersando. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pertumbuhan sarana transportasi mengalami peningkatan cukup signifikan dan membawa dampak negatif terhadap arus lalu lintas. Salah satu dampak yang ditimbulkan yaitu tingginya tundaan yang terjadi pada persimpangan terutama simpang APILL di Kota Malang. Hal tersebut akan menjadi permasalahan yang serius di kota Malang bila tidak segera ditangani dengan memberikan penanganan secara langsung terhadap simpang yang mengalami kepadatan dan keruwetan. Salah satu persimpangan yang memiliki tundaan yang tinggi yaitu simpang APILL Jalan Laksamana Adi Sucipto ndash Jalan Raden Panji Suroso ndash Jalan Sunandar Priyo Sudarmo Kota Malang sehingga tidak memenuhi kondisi ideal simpang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mendeskripsikan karakteristik lalu lintas lengan simpang (2) mendeskripsikan kinerja simpang kondisi eksisting berupa kapasitas simpang bersinyal derajat kejenuhan panjang antrian rasio kendaraan henti dan tundaan (3) memaparkan alternatif dalam upaya peningkatan kinerja simpang 5 tahun mendatang. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan berupa data primer meliputi data geometrik data kondisi lingkungan data waktu sinyal siklus dan data volume lalu lintas. Data sekunder meliputi denah lokasi penelitian dan data jumlah penduduk Kota Malang. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa survei dengan melakukan pengamatan langsung di lokasi penelitian oleh surveyor pengisian formulir penelitian dan melakukan dokumentasi pada kondisi lalu lintas yang diamati. Diperoleh hasil penelitian (1) karakteristik lalu lintas lengan simpang pendekat Barat didominasi sepeda motor (56%) pendekat Timur didominasi sepeda motor (61%) pendekat Utara didominasi kendaraan ringan (53%) dan pendekat selatan didominasi kendaraan ringan (54%) (2) kinerja simpang kondisi eksisting memiliki nilai tundaan rata-rata simpang tertinggi sebesar 155 det/skr dengan tingkat pelayanan simpang kelas F saat jam puncak pagi hari kerja (3) alternatif peningkatan kinerja simpang yang direkomendasikan untuk 5 tahun mendatang adalah melakukan penambahan satu lajur yaitu lajur BKiJT sebagai penambahan lebar pendekat selebar 3 25 m dengan lajur perlambatan 20 m dan lajur pergeseran 25 m pada seluruh pendekat dan melakukan perubahan pengaturan dua fase menjadi pengaturan tiga fase. Dengan dilakukannya simulasi tersebut didapatkan nilai tundaan rata-rata simpang tertinggi sebesar 248 det/skr dengan tingkat pelayanan simpang kelas F saat jam puncak pagi hari kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292796

Actions (login required)

View Item View Item