Analisis penggunaan serbuk ban bekas dan lateks pada asphalt concrete binder course (ac-bc) ditinjau dari parameter marshall / Fahreza Syukron Bagaskara - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penggunaan serbuk ban bekas dan lateks pada asphalt concrete binder course (ac-bc) ditinjau dari parameter marshall / Fahreza Syukron Bagaskara

Bagaskara, Fahreza Syukron Bagaskara (2023) Analisis penggunaan serbuk ban bekas dan lateks pada asphalt concrete binder course (ac-bc) ditinjau dari parameter marshall / Fahreza Syukron Bagaskara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di Indonesia kerusakan jalan merupakan salah satu permasalahan kompleks yang terjadi hampir di setiap daerah. Karakteristik yang terpenting pada lapisan AC-BC ini adalah stabilitas. Diperlukan bahan tambah untuk meningkatkan stabilitas campuran aspal yang menjadi salah satu alternatif dalam mengurangi kerusakan jalan. Bahan tambah yang digunakan yaitu serbuk ban bekas namun nilai stabilitas dengan bahan tambah serbuk ban bekas kurang optimal. Maka diperlukan bahan tambah lain untuk membantu meningkatkan stabilitas campuran yaitu lateks. Dengan harapan menggunakan kombinasi serbuk ban bekas dan lateks dapat meningkatkan nilai stabilitas pada campuran aspal lapisan AC-BC. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik bahan tambah serbuk ban bekas pada agregat dan modifikasi lateks dengan aspal pada AC-BC (2) mendeskripsikan kadar optimal penambahan serbuk ban bekas pada agregat dan modifikasi lateks dengan aspal pada AC-BC ditinjau dari Parameter Marshall. Dalam penelitian ini dilakukan analisis parameter Marshall kemudian diintervensi ke dalam grafik untuk mengetahui kadar optimal penambahan bahan tambah. Rancangan dalam penelitian ini diawali dengan tahap studi literatur kemudian dilanjutkan persiapan alat dan bahan untuk membuat benda uji. Pada pengujian bahan didapatkan nilai pengujian aspal dan agregat. Kemudian membuat benda uji dengan bahan tambah serbuk ban bekas ukuran lolos saringan no. 30 sampai tertahan saringan no. 50 dan lateks dengan KKK sebesar 29%. Dilanjutkan proses pengujian Marshall dan didapatkan hasil analisis parameter Marshall. Dari hasil analisis parameter Marshall digunakan grafik kumulatif untuk mendapatkan nilai kadar optimal penambahan kombinasi serbuk ban bekas dan lateks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penambahan serbuk ban bekas pada AC-BC dengan metode kering stabilitas mengalami peningkatan pada 0-3% flow mengalami penurunan pada 0-3% VIM dan VMA mengalami peningkatan pada 0-2% dan penurunan pada 3% VFA mengalami penurunan pada 0-2% dan peningkatan pada 3%. Penambahan lateks pada AC-BC dengan metode basah stabilitas mengalami peningkatan pada 0-6% dan penurunan pada 9% flow mengalami penurunan pada 0-9% VIM dan VMA mengalami peningkatan pada 0-6% dan penurunan pada 9% VFA mengalami penurunan pada 0-3% dan peningkatan pada 6-9%. (2) kadar optimal penambahan serbuk ban bekas sebesar 1 5% kadar optimal penambahan lateks sebesar 4 5% dan kadar optimal penambahan kombinasi serbuk ban bekas sebesar 2% dan lateks sebesar 6%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292790

Actions (login required)

View Item View Item