Rustiawan, Agviana Destyra (2017) Analisis kompetensi pedagogik guru Program Keahlian Administrasi Perkantoran (studi pada SMK Cendika Bangsa Kabupaten Malang) / Agviana Destyra Rustiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rustiawan Agviana Destyra. 2017. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Program Keahlian Administrasi Perkantoran (Studi Pada SMK Cendika Bangsa Kabupaten Malang). Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd M.M Kata Kunci Kompetensi Pedagogik Guru Administrasi Perkantoran Peningkatan mutu serta kualitas pembelajaran merupakan salah satu agenda utama dalam pembangunan dan perkembangan pendidikan yang berlandaskan pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang ketentuan minimum bagi satuan pendidikan formal tentang mutu pendidikan yang dikehendaki. Komponen yang dapat mempengaruhi proses pendidikan salah satunya adalah ketersediaan pendidik yang kompeten. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 mengenai kualifikasi akademik dan kompetensi pendidik salah satunya adalah kompetensi pedagogik. Kompetensi Pedagogik yaitu kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik perancangan dan pelaksanaan pembelajaran evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah 1. untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru 2. untuk mengetahui peran sekolah dalam meningkatkan kualitas kompetensi guru administrasi perkantoran di SMK Cendika Bangsa. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisis penelitian ini dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus hingga tuntas. Subyek penelitian ini adalah guru program keahlian administrasi perkantoran yang berjumlah empat orang. Prosedur pengumpulan data dengan observasi dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan analisis kompetensi pedagogik guru SMK Cendika Bangsa Kabupaten Malang sesuai permendikbud no 6 tahun 2007 menegaskan bahwa guru program keahlian administrasi perkantoran dapat dikatakan sebagai berikut 1. memiliki kompetensi pedagogik yang baik. Hal ini dikarenakan guru tersebut mampu menguasai sepuluh aspek kompetesi pedagogik. 2. selain itu sekolah mempunyai keharusan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru SMK Cendika Bangsa dengan menggunakan dua cara. Yang pertama mengupayakan guru dengan memberikan tanggung jawab untuk selalu memberikan inovasi dalam kegiatan belajar dikelas. Kedua sekolah memberikan beban administratif berupa menyusun perangkat pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada guru SMK Cendika Bangsa untuk terus meningkatkan wawasannya terkait materi serta untuk selalu memperhatikan inovasi pembelajaran agar peserta didik selalu antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain itu bagi SMK Cendika Bangsa memberikan pelatihan kepada guru atau dengan mengirim guru yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan guru dikelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29279 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |