Analisis kinerja pelayanan stasiun kereta api malang kota baru / Dary Darmawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kinerja pelayanan stasiun kereta api malang kota baru / Dary Darmawan

Darmawan, Dary Darmawan (2023) Analisis kinerja pelayanan stasiun kereta api malang kota baru / Dary Darmawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Stasiun kereta api sebagai tempat pemberangkatan dan pemberhentian kereta api juga sebagai tempat singgah penumpang sebelum dan sesudah naik kereta perlu memperhatikan segi pelayanan agar dapat meningkatkan tingkat kepuasan penumpang. Untuk meningkatkan pelayanan terhadap pengguna kereta api yang kian meningkat sesuai laju pertumbuhan masyarakat di Indonesia stasiun Malang Kota Baru melakukan renovasi besar dan perluasan wilayah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik pengguna stasiun kereta api Malang Kota Baru. Selain itu untuk menganalisis kinerja pelayanan stasiun kereta api Malang Kota Baru berdasarkan metode Importance Performance Analysis (IPA) atau disebut juga Quadrant Analysis dan mendeskripsikan tingkat kepuasan penumpang dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Data utama yang digunakan pada penelitian ini diambil dari hasil survey dengan angket kuesioner sedangkan data sekunder didapat berdasarkan studi literatur dari penelitian terkait. Angket kuesioner yang dibuat terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas sebelum disebarkan ke para responden. Kemudian data hasil penelitian yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan metode IPA dan CSI. Hasil penelitian ini menunjukkan karakteristik responden mayoritas berusia 18-30 tahun sebesar 76% gender dominan perempuan sebesar 75% dan berpendidikan terakhir SMA sederajat sebesar 62% yang tidak berpenghasilan sebesar 41% serta dengan tujuan sekolah/kuliah sebesar 49%. Hasil analisis IPA menunjukkan bahwa pada kuadran I terdapat aspek keselamatan mengenai ketersediaan kursi roda dan tabung oksigen. Pada aspek keandalan mengenai efisiensi pengeras suara. Aspek kenyamanan tentang kebersihan dan ketersediaan jumlah toilet. Pada aspek kesetaraan mengenai ketersediaan akses jalan untuk penumpang berkebutuhan khusus. Kuadran II berisikan 13 item yaitu ketersediaan alat pemadam kebakaran kamera CCTV lampu penerangan kondisi kebersihan area stasiun ketersediaan toilet untuk penumpang difabel luas mushola kebersihan mushola ketersediaan tempat sampah organik dan anorganik informasi dilarang merokok di area publik stasiun ketersediaan petunjuk arah ketersediaan ramp ketersediaan jalur Guiding Blok dan ruang khusus ibu menyusui. Kuadran III yaitu ketersediaan pos kesehatan petunjuk prosedur evakuasi adanya Stiker bertuliskan call center Polsek terdekat. Kuadran IV terdiri atas adanya petunjuk jalan bagi penumpang tuna netra loket tiket manual berfungsi dengan baik dan ketersediaan loket untuk penyandang disabilitas. Hasil analisis tingkat kepuasan penumpang terhadap kinerja pelayanan stasiun kereta api Malang Kota Baru dengan metode CSI mendapatkan skor sebesar 78 49 dengan kategori ldquo puas rdquo .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292785

Actions (login required)

View Item View Item