Pengembangan modul administrasi sarana dan prasarana berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Malang / Tia Krisna Wati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul administrasi sarana dan prasarana berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Malang / Tia Krisna Wati

Wati, Tia Krisna (2017) Pengembangan modul administrasi sarana dan prasarana berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Malang / Tia Krisna Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Krisnawati Tia. 2017. Pengembangan Modul Administrasi Sarana dan Prasarana Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Yuli Agustina S.Pd. S.E. M.M. Kata Kunci modul guided inquiry hasil belajar Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya bahan ajar mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana kelas XI APK di SMK Negeri 1 Malang yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Modul berbasis guided inquiry mampu meningkatkan daya berpikir kritis dan analitis siswa dalam menemukan konsep. Penelitian dan pengembangan ini berupa modul yang diintegrasikan dengan model guided inquiry. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menghasilkan modul Administrasi Sarana dan Prasarana Berbasis Guided Inquiry yang relevan dengan kurikulum 2013. 2) Mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi. 3) Mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan modul hasil pengembangan. Metode penelitian dan pengembangan modul ini adalah metode research and development (R D) dengan menggunakan model 4-D oleh Thiagarajan S. Semmel D.S. dan Semmel M.I yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu 1) Mendefinisikan (define) 2) Merancang (design) 3) Mengembangkan (develop) dan 4) Menyebarluaskan (disseminate). Modul yang dikembangkan divalidasi oleh ahli modul ahli materi dan 6 (enam) orang siswa pada uji coba terbatas. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan 1) Hasil validasi ahli modul ahli materi dan siswa pada uji coba terbatas menunjukkan kriteria sangat valid sehingga modul layak digunakan. 2) Hasil belajar menunjukkan rata-rata nilai siswa kelas eksperimen lebih besar dari siswa kelas kontrol. 3) Hasil analisis menggunakan uji t menunjukkan nilai signifikansi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29278

Actions (login required)

View Item View Item