Analisis kinerja pelayanan transportasi angkutan umum bus trayek malang-jombang pada masa pandemi covid-19 dengan menggunakan metode importance performance analysis / Yoga Putra Perdana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kinerja pelayanan transportasi angkutan umum bus trayek malang-jombang pada masa pandemi covid-19 dengan menggunakan metode importance performance analysis / Yoga Putra Perdana

Perdana, Yoga Putra Perdana (2023) Analisis kinerja pelayanan transportasi angkutan umum bus trayek malang-jombang pada masa pandemi covid-19 dengan menggunakan metode importance performance analysis / Yoga Putra Perdana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada trayek bus Malang-Jombang hanya terdapat satu perusahaan otobus (PO) yang beroperasi. Dikhawatirkan dengan tidak adanya PO lain berpotensi menyebabkan operator bus trayek Malang-Jombang kurang memiliki dorongan untuk meningkatkan pelayanan. Pandemi juga mengakibatkan kenaikan tarif bus trayek Malang-Jombang dari Rp30.000 00 menjadi Rp35.000 00. Pergantian tarif seperti ini juga perlu dievaluasi apakah tarif yang berlaku sudah ideal atau belum. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik pengguna bus trayek Malang-Jombang (2) menganalisis kinerja pelayanan bus trayek Malang-Jombang (3) menganalisis kesesuaian tarif bus trayek Malang-Jombang. Untuk mengetahui kinerja pelayanan digunakan analisis IPA untuk mengetahui kesesuaian tarif menggunakan analisis ATP dan WTP. Hasil penelitian menunjukkan (1) Karakteristik pengguna bus trayek Malang-Jombang sebanyak 45% laki-laki dengan dan 55%. Pengguna didominasi oleh responden berusia 16-25 sebanyak 58%. Tingkat pendidikan responden terbanyak merupakan SMA sebanyak 46%. Mayoritas jenis pekerjaan responden merupakan pelajar/mahasiswa sebanyak 47%. Tingkat pendapatan responden terbanyak kurang dari Rp1.400.000 00 sebanyak 43%. Tujuan perjalanan responden terbanyak merupakan mengunjungi keluarga sebanyak 42%. Berdasarkan jumlah frekuensi perjalanan 2 kali per bulan sebesar 34%. (2) Analisis kinerja pelayanan berdasarkan metode IPA menunjukkan tiga atribut yang menjadi prioritas utama meliputi ketersediaan alat kesehatan berupa P3K adanya stiker call center dan ketersediaan kursi prioritas untuk penumpang difabel ibu hamil dan orang tua. (3) Dari analisis kesesuaian tarif didapatkan hasil bahwa penentuan tarif baru telah sesuai. Tarif yang berlaku yaitu Rp35.000 00 tidak melebihi nilai ATP dan berada di antara nilai ATP dan WTP. Nilai ATP pengguna bus trayek Malang-Jombang sebesar Rp36.499 76 dan nilai WTP sebesar Rp28.620 00.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292776

Actions (login required)

View Item View Item