Studi kelayakan lalu lintas untuk penerapan underpass pada simpang empat laksda adi sucipto kota malang / M. SHOKHIKHUR RIFQI - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kelayakan lalu lintas untuk penerapan underpass pada simpang empat laksda adi sucipto kota malang / M. SHOKHIKHUR RIFQI

Rifqi, M. Shokhikhur Rifqi (2023) Studi kelayakan lalu lintas untuk penerapan underpass pada simpang empat laksda adi sucipto kota malang / M. SHOKHIKHUR RIFQI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Simpang empat L.A. Sucipto merupakan salah satu persimpangan bersinyal di Kota Malang yang dilewati berbagai jenis kendaraan terutama kendaraan berat untuk keluar masuk Kota Malang. Simpang tersebut mengalami masalah penurunan kinerja simpang dari tahun ke tahun akibat tingginya waktu tundaan simpang rata-rata yang mempengaruhi penurunan tingkat pelayanan simpang. Oleh karena itu diperlukan alternatif solusi jangka panjang untuk peningkatan kinerja simpang dengan menurunkan waktu tundaan yakni dengan penerapan underpass. Sehingga dilakukan kajian mengenai apakah penerapan underpass dapat dikatakan layak ditinjau dari segi kelayakan lalu lintas. Tujuan penelitian (1) mendeskripsikan kinerja simpang kondisi eksisting yang ditinjau dari segi kelayakan lalu lintas untuk penerapan underpass (2) mendeskripsikan kinerja simpang pasca underpass selama umur rencana 30 tahun (3) mendeskripsikan kinerja underpass selama umur rencana 30 tahun. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang diawali dengan tahap identifikasi masalah di lapangan menentukan tujuan penelitian dan lokasi penelitian melakukan pengumpulan data primer dengan survei lapangan dan data sekunder dari internet melakukan analisis data serta pengambilan kesimpulan dan saran. Dalam penelitian ini dilakukan analisis kinerja menggunakan metode PKJI (2014) dengan software Microsoft Excell. Hasil penelitian menunjukkan (1) kinerja simpang eksisting sudah Tidak Layak dengan nilai tundaan simpang rata-rata mencapai 147 78 detik/skr dan tingkat pelayanan F yang menandakan bahwa nilai tundaan telah lebih dari 2 menit (T gt 120 detik/skr) sehingga dapat dilakukan penanganan untuk peningkatan kinerja simpang menggunakan persimpangan tak sebidang dengan demikian maka rencana penerapan underpass dapat dikatakan Layak (2) kinerja simpang pasca underpass pada tahun awal rencana (tahun ke-0) ideal dengan nilai tundaan simpang rata-rata sebesar 20 32 detik/skr dan tingkat pelayanan C untuk tahun akhir rencana (tahun ke-30) diperoleh nilai tundaan meningkat menjadi 43 28 detik/skr dengan tingkat pelayanan D selama umur rencana 30 tahun kinerja simpang dapat dikatakan ideal dikarenakan nilai tundaan yang dihasilkan masih jauh lebih baik dari pada kondisi eksistingnya (3) kinerja underpass pada tahun awal rencana (tahun ke-0) ideal dengan nilai derajat kejenuhan sebesar 0 368 dan tingkat pelayanan B untuk tahun akhir rencana (tahun ke-30) diperoleh nilai derajat kejenuhan meningkat menjadi 0 838 dengan tingkat pelayanan D selama umur rencana 30 tahun kinerja underpass dapat dikatakan ideal dikarenakan nilai derajat kejenuhan yang dihasilkan masih dalam kondisi ideal (DJ le 0 85).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292773

Actions (login required)

View Item View Item