Analisis tingkat kerusakan jalan menggunakan metode pavement condition index (pci) dan road condition index (rci) di kabupaten situbondo / Faiz Azanni Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis tingkat kerusakan jalan menggunakan metode pavement condition index (pci) dan road condition index (rci) di kabupaten situbondo / Faiz Azanni Firdaus

Firdaus, Faiz Azanni Firdaus (2023) Analisis tingkat kerusakan jalan menggunakan metode pavement condition index (pci) dan road condition index (rci) di kabupaten situbondo / Faiz Azanni Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jalan rusak menjadi hal yang identik pada daerah di Indonesia keidentikan tersebut membawa sisi negatif bagi fungsi jalan itu sendiri. Kerusakan jalan dapat menimbulkan masalah-masalah yang kompleks dan kerugian yang ditimbulkan terutama bagi pengguna jalan seperti mengakibatkan waktu tempuh yang lama dalam pengiriman barang kemacetan kecelakaan lalu lintas dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat kerusakan jalan berdasarkan metode PCI pada ruas jalan di Kabupaten Situbondo. (2) mendeskripsikan tingkat kerusakan jalan berdasarkan metode RCI pada ruas jalan di Kabupaten Situbondo. (3) membandingkan jenis penanganan yang dibutuhkan pada pada ruas jalan di Kabupaten Situbondo berdasarkan tingkat kerusakan jalan menurut hasil survei yang dilakukan menggunakan kedua metode. Rancangan penelitian ini diawali dengan observasi di lapangan untuk memperoleh data kerusakan pada jalan tersebut menggunakan formulir survei metode PCI dan RCI. Data pada lembar formulir survei di input ke dalam Microsoft Excel untuk dihitung dan dianalisis dengan bantuan komputer kemudian memilih program penanganan jalan sesuai dengan tingkat kerusakan pada jalan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) nilai PCI pada lima ruas jalan didapatkan nilai PCI Jl. Mawar sebesar 46 73 memiliki tingkat kerusakan jelek Jl. Raya Demung sebesar 64 38 memiliki tingkat kerusakan sedang Jl. Semiring sebesar 39 64 memiliki tingkat kerusakan parah Jl. Sumbermalang sebesar 61 09 memiliki tingkat kerusakan sedang dan Jl. Pesanggrahan sebesar 54 92 memiliki tingkat kerusakan jelek. (2) nilai RCI pada lima ruas jalan didapatkan nilai RCI Jl. Mawar sebesar 4 57 memiliki tingkat kerusakan sedang Jl. Raya Demung sebesar 6 06 memiliki tingkat kerusakan baik Jl. Semiring sebesar 3 84 memiliki tingkat kerusakan sedang Jl. Sumbermalang sebesar 6 19 memiliki tingkat kerusakan baik Jl. Pesanggrahan sebesar 5 55 memiliki tingkat kerusakan baik. (3) berdasarkan jenis penanganan yang dihasilkan dari metode PCI dan RCI diketahui bahwa kelima ruas jalan membutuhkan jenis penanganan yang berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun kedua metode menggunakan survei secara visual metode PCI sangat detail karena setiap jenis kerusakan diukur dan dihitung satu persatu sedangkan metode RCI dilakukan secara objektif dan dikaitkan dengan nilai LHR.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292772

Actions (login required)

View Item View Item