Prasetyo, Novan Dwi (2017) Penerapan model pembelajaran demonstrasi berbantuan CAI (Computer Assisted Instructions) pada kompetensi dasar menguraikan cara mengoperasikan microsoft power point untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X APK 1 di S. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prasetyo N. D. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi Berbantuan CAI (Computer Assisted Instructions) pada Kompetensi Dasar Menguraikan Cara Mengoperasikan Microsoft Power Point untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta didik (Studi pada Peserta Didik Kelas X APK di SMK Muhammadiyah 05 Kepanjen). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing Drs. I Nyoman Suputra M.Si. Kata Kunci model demonstrasi computer assisted instructions keaktifan dan hasil belajar Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran otomatisasi perkantoran diperoleh informasi bahwa guru masih menggunakan metode ceramah. Selain itu keaktifan dan hasil belajar peserta didik masih rendah. Peneliti memiliki solusi yang dapat diterapkan guru melalui model pembelajaran demonstrasi Berbantuan CAI (Computer Assisted Instructions). Rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) Penerapan model pembelajaran demonstrasi Berbantuan CAI pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran kelas X APK 1 (2) Penerapan model pembelajaran demonstrasi Berbantuan CAI pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran dapat meningkatkan keaktifan peserta didik kelas X APK 1 (3) Penerapan model pembelajaran demonstrasi Berbantuan CAI pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X APK 1. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan subjek peserta didik kelas X APK 1 yang berjumlah 30 peserta didik. Analisis data melalui tahap reduksi data paparan data dan penyimpulan hasil analisis. Setiap siklus penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini yaitu (1) Penerapan model pembelajaran demonstrasi Berbantuan CAI dapat dilaksanakan dengan lancar sesuai RPP (2) Penerapan model pembelajaran demonstrasi Berbantuan CAI dapat meningkatkan keaktifan peserta didik pada siklus I rata-rata persentase keberhasilan 55 41% dan pada siklus II 78 98% (3) Penerapan model pembelajaran demonstrasi Berbantuan CAI dapat meningkatkan hasil belajar pada aspek kognitif rata-rata persentase keberhasilan siklus I 70 49% dan pada siklus II 77 27% pada aspek psikomotor rata-rata persentase keberhasilan siklus I 64 59% dan pada siklus II 82 42%. Kesimpulan penelitian ini yaitu (1) Penerapan model pembelajaran demonstrasi Berbantuan CAI dapat dilaksanakan dengan lancar sesuai RPP (2) Penerapan model pembelajaran demonstrasi Berbantuan CAI dapat meningkatkan keaktifan peserta didik (3) Penerapan model pembelajaran demonstrasi Berbantuan CAI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) Bagi guru model pembelajaran demonstrasi Berbantuan CAI dapat dijadikan alternatif dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar (2) Bagi peserta didik diharapkan dapat mengikuti pembelajaran dengan lebih aktif (3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk lebih memperhatikan pengelolaan waktu dalam kegiatan pembelajaran. ABSTRACT Prasetyo N. D. 2017. Implementation Assisted Teaching Demonstration Model of CAI (Computer Assisted Instructions) Method on Basic Competencies Describe How to Operate Microsoft Power Point to Enhance Activeness and Learning Outcomes Students (Study at the Students of Grade X APK 1 SMK Muhammadiyah 05 Kepanjen Malang). Sarjana s Thesis Department of Management Faculty of Economics Universitas Negeri Malang. Advisor Drs. I Nyoman Suputra M.Si. Keywords demonstration model computer assisted instructions activeness and learning outcomes Based on observations and interviews with teacher of automation office subjects it obtains informations that the teacher still use lectures method. Moreover activeness and learning outcomes students is still low. Researcher has a solution that can be apply to the teacher through demonstration learning model and CAI (Computer Assisted Instructions) method. The formulation problems of this study are (1) The application of demonstration learning model and CAI on office automation subjects grade X APK 1 (2) The application of demonstration learning model and CAI on office automation subjects grade X APK 1 can enhance students activeness (3) The application of demonstration learning model and CAI on office automation subjects grade X APK 1 can enhance the learning outcomes. This type of research is classroom action research with subjects are grade X APK 1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang total 30 students. Analysis of data through data reduction data exposure and the conclusion of the analysis results. Each cycle in this research consists the planning phase implementation observation and reflection. The results of this research are (1) The application of demonstration learning model and CAI can be implemented smoothly based on the learning program (2) The application of demonstration learning model and CAI can enhance students activeness in cycle I with a success percentage average of 55.41% and cycle II of 78 98% (3) The application of demonstration learning model and CAI can enhance learning outcomes on cognitive aspect with a success percentage average in cycle I of 70.49% and cycle II of 77 27% on psychomotor aspect with a success percentage average in cycle I of 64.59% and cycle II of 82 42%. The conclusions of this research are (1) The application of demonstration learning model and CAI can be implemented smoothly based on the learning program (2) The application of demonstration learning model and CAI method can enhance students activeness (3) The application of demonstration learning model and CAI can enhance students learning outcomes. Suggestions which are give (1) For the teacher demonstration learning model and CAI can be used as an alternative to implementate teaching and learning activities (2) For the students are expect to follow the learning process with more active 3) For the next researcher must be advice to more attention the management of time in learning activities.ABSTRAK Pangestika E.W. 2017. Persepsi Dunia Usaha/Dunia Industri Terhadap Hasil Praktek Kerja Industri Siswa Administrasi Perkantoran SMK PGRI 6 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Lulu Nurul Istanti S.E. M.M. Ak. Kata Kunci Persepsi DU/DI Prakerin Administrasi Perkantoran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan suatu instansi pendidikan yang menerapkan program Pendidikan Sistem Ganda (PSG). Dalam penerapan program PSG sekolah memberikan suatu pengalaman praktek langsung ke dunia industri maupun dunia usaha yang bernama Prakerin. Adanya beberapa masalah yang terjadi selama pelaksanaan prakerin menyebabkan timbulnya banyak persepsi dari pihak DU/DI terhadap hasil kerja siswa SMK selama ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi DU/DI terhadap hasil Prakerin siswa serta untuk mengetahui bagaimana persepsi DU/DI terhadap kompetensi yang dimiliki oleh siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data menggunakan tehnik triangulasi dengan cara angket wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan menggunakan 2 cara yakni triangulasi tehnik dan triangulasi sumber. Berdasarkan analisis deskriptif persepsi DU/DI terhadap kualitas kerja siswa berbeda-beda dikarenakan setiap pihak DU/DI memiliki faktor internal dan faktor eksternal yang berbeda dalam penilaian hasil kerja siswa maupun kompetensi siswa. dalam segi penilaian hasil praktik kerja siswa dianggap sudah baik siswa sudah mampu melaksanakan suatu pekerjaan yang diberikan namun perlu adanya peningkatan inisiatif dari siswa serta kepribadian siswa yang harus diperbaiki sebelum melaksanakan prakerin. Dalam penilaian kompetensi siswa dinyatakan sudah cukup baik. Siswa sudah memiliki kompetensi professional yang baik namun kompetensi kepribadian siswa perlu ditingkatkan lagi sehingga terkadang mempengaruhi kompetensi sosial siswa dalam bersosialisasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara keseluruhan persepsi DU/DI terhadap hasil praktik kerja prakerin siswa dikatakan sudah baik dan kompetensi siswa dinyatakan cukup baik. Namun terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki dari diri siswa terutama tentang kepribadian siswa. Saran yang dapat diberikan 1) Bagi sekolah SMK PGRI 6 Malang untuk lebih meningkatkan pembimbingan dan mempersiapkan kompetensi siswa agar lebih siap lagi sebelum melaksanakan prakerin kedepannya. Terutama kompetensi kepribadian siswa dan inisiatif siswa. 2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk dapat melakukan penelitian lanjutan yaitu tentang pengaruh penempatan prakerin terhadap peningkatan kompetensi siswa. 3) Bagi Siswa SMK PGRI 6 diharapkan lebih serius dalam melaksanakan prakerin bukan hanya sekedar menjadikan sebagai formalitas saja. 4) Bagi pihak DU/DI diharapkan untuk selalu memberikan arahan dan bimbingan kepada siswa prakerin agar siswa dapat lebih siap untuk menghadapi dunia kerja. .
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29277 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |