Ainurrofiiq, Mohammad (2017) Pengaruh gaya mengajar guru dan media pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran (studi pada kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Mohammad Ainurroffiq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ainurrofiiq Mohammad. 2017. Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Media pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Otomasisasi Perkantoran (Studi pada Peserta Didik Kelas X APK SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi). Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing H. Imam Bukhori S.Pd. M.M. M.Pd Kata Kunci Gaya Mengajar Guru Media Pembelajaran danHasil Belajar. Hasil belajar merupakan tolak ukur utama untuk mengetahui keberhasilan belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik kelas X APK SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya adalah gaya mengajar guru dan media pembelajaran. Gaya mengajar guru yang kreatif dan inovatif dapat meningkatkan dan memperbaiki proses pembelajaran dikelas begitupun juga. Media pembelajaran berfungsi membantu guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan komunikatif yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi gaya mengajar guru dan media pembelajaran kelas X APK di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi (2) apakah gaya mengajar guru berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik (3) apakah media pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional karena bertujuan untuk menjelaskan adanya korelasi atau hubungan antara variabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh penggunaan teknik sampling jenuh tersebut dikarenakan semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yaitu berjumlah 41 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. Data yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif korelasional dengan bantuan program SPSS 16.0 Penelitian ini menggunakan tiga model uji asumsi klasik yaitu (1) Uji normalitas menunjukkan bahwa model regresi memenuhi asumsi normalitas (2) Uji multikolinearitas menunjukkan bahwa model regresi tidak terjadi gejala multikolinearitas (3) Uji heteroskedastisitas menunjukkan bahwa model regresi tidak terjadi gejala heteroskedastisitas. Dari hasil penelitian ini dapat dijabarkan (1) gaya mengajar dalam deskripsi baik (2) media pembalajaran dalam deskripsi baik dan (3) hasil belajar peserta didik menunjukkan klasifikasi nilai yang tinggi dan cukup tinggi. Gaya mengajar dan media pembelajaran merupakan variabel yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran kelas X APK SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Hasil penelitian analisis deskripsif menunjukkan bahwa terdapat pengaruh posistif dan signifikan sebesar 0 000 0 05 antara gaya mengajar guru dan media pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik dengan penjabaran (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya mengajar terhadap hasil belajar peserta didik (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara media pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. ABSTRACT Ainurrofiq Mohammad. 2017. The Impact of teaching style by teacher learning media to student s study result on Office administration ( Subject study on Grade X Students of SMK 7 Muhammadiyah Gondanglegi. Sarjana degree (S1) Thesis Study program Office administration Departement of Management Faculty of Economy State University of Malang. Advisors H. Imam Bukhori S.Pd. M.M. M.Pd. Keywords Teaching style of teacher Learning media Study Result. Study result are first indicator to know success achievement study of Grade X APK SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi students. Its affected by impact of teacher s teaching style and learning media. Creativity and Innovative style of teaching could increase and improve studying process in class. Learning media also have big impact to help teacher in creating study atmosphere to be more effective and communicative which can improve the quality of its study. The purpose of this research are to know the impact of(1) condition of teacher s teaching style and learning media of class X APK at SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi (2) whether teacher s teaching style have an effect on student learning result (3) whether learning media have an effect on student learning result. This study includes correlational research because it aims to explain the correlation or relationship between variables. The method used in this research is quantitative method. Sampling technique using saturated sampling technique the use of saturated sampling technique is because all members of the population used as a sample which amounted to 41 learners. The instruments used are questionnaires and documentation. The data were analyzed using correlational descriptive analysis technique with the help of SPSS 16.0 program This study uses three models of classical assumption test namely (1) Normality test shows that the regression model meets the assumption of normality (2) Multicolinearity test showed that the regression model did not occurmulticollinearity symptoms (3) Heteroskedasticity test showed that the regression model did not occur symptoms of heteroscedasticity. Thus it can be spelled out (1) the style of teaching in the description either (2) instructional media in either description And (3) learners learning outcomes show a high grade classification and quite high. Teaching style and learning media are the variables that influence student learning outcomes on the subjects of office automation class X APK SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. The result of descriptive analysis shows that there is positive and significant influence of 0.000
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29276 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |