Analisis penambahan nanografit terhadap geometri permukaan pada produk filamen polylactid acid / Fikri Munif Nashrullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penambahan nanografit terhadap geometri permukaan pada produk filamen polylactid acid / Fikri Munif Nashrullah

Nashrullah, Fikri Munif Nashrullah (2023) Analisis penambahan nanografit terhadap geometri permukaan pada produk filamen polylactid acid / Fikri Munif Nashrullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Polylactic acid (PLA) adalah jenis turunan asam laktat yang terbuat dari sumber energi terbarukan seperti gandum jerami jagung dan sorgum dan sepenuhnya dapat terurai secara hayati. Filamen berbasis PLA sering digunakan sebagai dasar untuk printer 3D. Polylactic acid adalah polimer FFF terbarukan dengan biaya rendah titik leleh rendah dan banyak digunakan. Nanografit adalah bahan berlapis berbasis karbon yang strukturnya terdiri dari lapisan graphene (karbon) berturut-turut dan popular karena konduktivitas termal mekanik dan listriknya yang sangat baik. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan komposisi campuran PLA dan nanografit untuk mendapatkan sifat fisik dan geometri filamen yang baik dalam pencetakan serta sifat kimia seperti gugus fungsi yang terdapat pada campuran PLA-nanografit. Variabel dalam penelitian yang dimanipulasi oleh peneliti. Variabel bebas pada penelitian ini berupa nanografit 0 5% 1% dan 1 5%. Pada saat yang sama parameter ekstruder komponen dasar pelet PLA dan rasio kloroform berfungsi sebagai parameter kontrol. Variabel dependen adalah struktur morfologi struktur kristalinitas dan diameter filamen PLA yang diperkuat nanografit. SEM dilakukan untuk menentukan melihat morfologi permukaan dan ukuran material filamen PLA dan nanografit. Hasil SEM berupa gambar permukaan filamen hasilnya pengujian menunjukan filamen lebih kasar dikarenakan terjadinya penggumpalan nanografit (aglomerasi) yang tersebar secara tidak merata. FTIR untuk mengetahui serapan cahaya gugus fungsi filamen. Penambahan nanografit Ketika diuji FTIR menunjukan adanya punyak puncak baru di rentang 2000 yang menunjukan C equiv C. dan uji kebulatan untuk mengetahui ukuran dan struktur geometris filamen PLA dan penambahan nanografit. Diameter filamen yang terbaik adalah sampel nanografit 0 5 % dengan nilai kebulatan 99 02 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292737

Actions (login required)

View Item View Item