Pengembangan modul otomatisasi perkantoran berbasis Predict Observe Explain (POE) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran di SMKN 2 Blitar) / Suhardi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul otomatisasi perkantoran berbasis Predict Observe Explain (POE) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran di SMKN 2 Blitar) / Suhardi

Suhardi (2017) Pengembangan modul otomatisasi perkantoran berbasis Predict Observe Explain (POE) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran di SMKN 2 Blitar) / Suhardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suhardi 2017. Pengembangan Modul Otomatisasi Perkantoran Berbasis Predict Observe Explain (POE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Studi Pada Kelas X Administrasi Perkantoran SMKN 2 Blitar. Skripsi Program S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Kata Kunci Modul Pembelajaran POE dan Hasil Belajar Modul pembelajaran Otomatisasi Perkantoran terutama dalam bentuk modul berbasis POE merupakan salah satu bahan ajar yang mengembangkan metode pembelajaran yang menggunakan model POE atau Predict Observe Explain. Bahan ajar harus mampu menjadi pendukung proses pembelajaran dalam menciptakan peserta didik yang aktif kreatif dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Modul Otomatisasi Perkantoran berbasis POE (Predict-Observe-Explain) ini cocok untuk diterapkan di SMKN 2 Blitar pada bidang keahlian Otomatisasi Perkantoran karena peserta didik membutuhkan bahan ajar penunjang dalam aktivitas pengembangan kognitif dan psikomotorik peserta didik untuk menguasai materi cara mengoperasikan Microsoft Publising (Publisher) serta hasil belajar selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk menghasilkan modul otomatisasi perkantran berbasis POE (2) mengetahui kelayakan modul pengembangan berbasis POE dan (3) mengetahui efektifitas penggunaan modul terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Otomatisasi Perkantoran. Penelitian pengembangan ini memodifikasi teori pengembangan dari Borg and Gall yang disesuaikan dengan keadaan lapangan keterbatasan waktu tenaga dan biaya. Subyek penelitian ini yaitu peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran 2 yang berjumlah 35 peserta didik sebagai kelompok besar dan kelas X Administrasi Perkantoran 3 yang berjmlah 6 peserta didik sebagai kelompok kecil. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi Observasi tes angket dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menggunakan skala 1-4 untuk validasi produk deskriptif persentase untuk mengetahui kelayakan modul dan untuk mengukr hasil belajar peserta didik menggunakan data dari pengerjaan soal Posttest. Temuan hasil penelitian Validasi produk dari ahli materi dan ahli modul diperoleh 85 dan 83 75 dengan kriteria valid atau layak digunakan. Kemudian di ujicoba produk dilakukan oleh dua kelompok dengan menyebar angket kelompok kecil memperoleh 83% dan kelompok besar memperoleh 94 29%. Persentase tersebut menunjukkan bahwa modul layak digunakan oleh peserta didik dari data tersebut terdapat perbedaan persentase ketuntasan yakni sebesar 11 29 %. Hasil ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh positif setelah menggunakan modul pengembangan ini terhadap peserta didik. Terdapat pula temuan hasil psikomotorik belajar peserta didik yang cenderung lebih aktif dan mampu mengasah keterampilan dalam praktek. Sehingga dapat disimpulkan modul Otomatisasi Perkantoran Berbasis POE layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan hasil Belajar . ABSTRACT Suhardi 2017. Developing Modul of office affair automation on Predict Observe Explain (POE) to increase the students result study Grade X Office Affair Automation SMKN 2 Blitar. Thesis Program S1 Administration office learning Major Manajement Faculty of Economic State University of Malang. Advisor Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Keywords Module of learning POE and Students Achievement. Module learning of office affair automation mainly modules POE is one of the learning materials that develope methods of learning in it. Learning materials must be capable of supporting learning process to create the students that active creative and contribute to the learning process. Module of office affair automation based of POE (Predict Observe Explain) agreeable to apply in SMKN 2 Blitar at office affair automation field because students need learning materials to develop cognitive and psychomotoric to study how to operate Microsoft Publishing ( Publisher ) and result study during the process. The research purpose to produce office affair automation based POE to know worthiness of module based POE and effectiveness utilizing of module to increase result study. This research to modified development theory from Borg and Gall that adjusted with field condition limited time power and cost. Subject of the research are 35 students office affair grade X (2) and 6 students office affair grade X (3). Instrummen to accumulation data is used documentation observation test questionnaire and interview. Technique to analyse data used scale 1-4 for validation product percentage descriptive to know worthiness of module and to survey result study use from pretest task. The result research that validation product from materials specialsist and module specialist is 85 and 83 75 with valid criteria. Trial product is used by 2 group with questionnaire. Small group get 83% ang big group get 94 29 %. This percentage show that module proper to use by students. This data have difference percentage as big as 11 29%. This result show that exist positive influence after use module psychomotoric result more active a than before and capable to improve practice skill. With the result that can be conclused that module of affair office automation based POE proper to use and increase result study.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29272

Actions (login required)

View Item View Item