Analisis pengaruh vortex generator terhadap aerodinamika bodi mobil hemat energi akasa evo-ii menggunakan metode computational fluid dynamics / Bagus Anggoro Dwicahyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pengaruh vortex generator terhadap aerodinamika bodi mobil hemat energi akasa evo-ii menggunakan metode computational fluid dynamics / Bagus Anggoro Dwicahyo

Dwicahyo, Bagus Anggoro Dwicahyo (2023) Analisis pengaruh vortex generator terhadap aerodinamika bodi mobil hemat energi akasa evo-ii menggunakan metode computational fluid dynamics / Bagus Anggoro Dwicahyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahan bakar minyak memiliki kontribusi 90 9% pada kebutuhan energi Indonesia disektor transportasi yang merupakan konsumen energi terbesar. Penggunaan bahan bakar yang berlebihan meningkatkan emisi gas rumah kaca oleh sebab itu energi menjadi perhatian hampir setiap negara di dunia termasuk Indonesia karena persediaan bahan bakar sebagai sumber energi semakin menipis dan kebutuhan energi semakin meningkat. Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) merupakan salah satu wujud kreativitas dalam perlombaan mobil hemat energi tingkat nasional. Berbagai macam faktor untuk meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar salah satunya dengan mengoptimalkan aerodinamika kendaraan dengan cara mereduksi gaya hambat. Vortex generator merupakan alat aerodinamis tambahan yang dapat mereduksi gaya hambat dengan cara mempercepat terjadinya transisi aliran dari laminar boundary layer menjadi turbulen boundary. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan vortex generator aerodinamika bodi mobil Akasa Evo-II dengan variasi berupa sudut vortex generator 20o 25o dan 30o dan panjang 150 mm 200 mm dan 250 mm. Penelitian ini menggunakan simulasi CFD (Computational Fluid Dynamics) dengan asumsi mobil melaju pada lintasan lurus dan datar dengan kecepatan 45 km/h. Hasil simulasi menunjukkan bahwa penambahan vortex generator mampu mereduksi nilai CD dengan nilai terendah berada pada variasi sudut 25o dengan panjang 200 mm dengan nilai sebesar 0 150078 sedangkan nilai tertinggi berada pada variasi sudut 20o dengan panjang 250 mm dengan nilai 0 153514 hal tersebut dikarenakan luas area circulating zone lebih besar jika dibandingkan dengan variabel dengan nilai CD terendah. Penambahan vortex generator meningkatkan nilai CL dengan nilai terendah berada pada variasi sudut 30o dengan panjang 200 mm dengan nilai sebesar 0 216029 sedangkan nilai tertinggi berada pada variasi sudut 20o dengan panjang 250 mm dengan nilai 0 234269 hal tersebut dikarenakan adanya peningkatan tekanan dan daerah dengan kecepatan rendah. Penambahan vortex generator mampu menurunkan daya traksi yang dibutuhkan pada kendaraan hal tersebut dikarenakan gaya hambat yang terjadi lebih rendah jika dibandingkan dengan bodi tanpa vortex generator dengan nilai terendah berada pada variasi sudut 25o dengan panjang 200 mm 3571 445 Watt. Hasil CD yang didapatkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode Taguchi berdasarkan respon means (M) terendah dan paling optimal berada pada variasi panjang level 2 yaitu 200 mm dengan variasi sudut level 2 yaitu 25o . ANOVA (Analysis of Variance) dengan Orthogonal Array (OA) L9 dan didapatkan kontribusi terbesar adalah variabel panjang dengan kontribusi sebesar 66 23% sedangkan pada variabel sudut menghasilkan kontribusi sebesar 27 67%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292719

Actions (login required)

View Item View Item