Analisis unjuk kerja turbin air free water flow dengan variasi jumlah sudu dan kedalaman air / Romy Akbar Athaillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis unjuk kerja turbin air free water flow dengan variasi jumlah sudu dan kedalaman air / Romy Akbar Athaillah

Athaillah, Romy Akbar Athaillah (2023) Analisis unjuk kerja turbin air free water flow dengan variasi jumlah sudu dan kedalaman air / Romy Akbar Athaillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemanfaatan energi alternatif diharapkan dapat menjadi solusi menghadapi krisis energi yang terjadi. Energi alternatif yang memiliki potensi cukup besar dalah pemanfaatan tenaga air dengan menggukanan mesin konversi energi berupa turbin air. Turbin air free water flow merupakan salah satu jenis turbin yang mampu memanfaatkan aliran air yang mengalir bebas atau dengan artian memiliki titik jatuh rendah. Penggunaan turbin ini sangat cocok sebagai media Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) terutama di daerah yang tergolong 3T. Turbin air free water flow masih terus dalam tahap pengembangan dan penelitian baik itu dengan pengujian eksperimental maupun komputasional untuk mendapatkan performa terbaiknya. Penelitan ini bertujuan untuk menganalisa unjuk kerja turbin air free water flow dengan melakukan variasi jumlah sudu 4 5 dan 6 kedalaman air 0 02m 0 025m 0 03m 0 035m dan 0 04m dengan metode penelitian secara eksperimental. Metode ini dipilih sebagai bahan validasi penelitian yang telah dilakukan sebelumnya dengan metode komputasional. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa turbin air free water flow dengan variasi jumlah sudu 6 dan kedalaman air 0 04m menghasilkan daya terbesar sebesar 32 542 Watt dan turbin dengan variasi jumlah sudu 4 dan kedalaman air 0 02m menghasilkan daya terkecil sebesar 15 095 Watt. Nilai efisiensi terbesar dari turbin juga terdapat pada turbin dengan jumlah sudu 6 dan kedalaman air 0 04m sebesar 92 749 % sedangkan efisiensi terndah terdapat pada turbin dengan jumlah sudu 4 dan kedalaman air 0 02m sebesar 43 022 %. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak jumlah sudu dan semakin besar nilai kedalaman air menghasilkan turbin dengan nilai efisiensi yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292710

Actions (login required)

View Item View Item