Implementasi model pembelajaran CIRC berbantuan power point dan handout pada mata pelajaran Korespondensi untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Studi Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Syaula Putri Alami - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran CIRC berbantuan power point dan handout pada mata pelajaran Korespondensi untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Studi Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Syaula Putri Alami

Alamitha, Syaula Putri (2017) Implementasi model pembelajaran CIRC berbantuan power point dan handout pada mata pelajaran Korespondensi untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Studi Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Syaula Putri Alami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alamitha S. P. 2017. Implementasi Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Power Point dan Handout pada Mata Pelajaran Korespondensi Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas X Program Studi Administrasi Perkantoran Di SMK Muhammadiyah 2 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd M.M. Kata Kunci model pembelajaran CIRC power point handout minat belajar hasil belajar. Hasil dari observasi yang dilakukan di sekolah SMK Muhammadiyah 2 Malang pada Mata Pelajaran Korspondensi kelas X APK diketahui guru cenderung menggunakan metode ceramah penugasan dan praktik pembuatan surat sehingga keterlibatan siswa dalam proses belajar masih monoton yaitu siswa mendengarkan mecatatat dan mempraktikan pembuatan surat saat ulangan harian dilakukan sehinga rata-rata hasil belajar siswa masih banyak yang di bawah KKM. Melihat permasalahan yang terjadi maka peneliti memiliki solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengimplementasikan model pembelajaran CIRC berbantuan Power Point dan handout. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi model pembelajaran CIRC berbantuan Power Point dan handout pada Mata Pelajaran Korespondensi kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang. (2) minat belajar siswa setelah pengimplementasian model pembelajaran CIRC berbantuan Power Point dan handout pada Mata Pelajaran Korespondensi kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang. (3) hasil belajar siswa setelah pengimplementasian model pembelajaran CIRC berbantuan Power Point dan handout pada Mata Pelajaran Korespondensi kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X APK SMK Muhamadiyah 2 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara observasi dokumentasi tes dan angket. Hasil penelitian ini menunjukan implementasi model pembelajaran CIRC berbantuan Power Point dan handout meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Persentase keberhasilan minat siswa pada pra siklus mencapai 75% dengan kriteria baik dan meningkat menjadi 85 05% pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Persentase keberhasilan hasil belajar siswa ranah kognitif mengalami peningkatan dari 88 24% menjadi 91 22% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar ranah afektif pada siklus I persentase keberhasilan sebesar 65 36% menjadi 77 78% pada siklus II dengan kriteria baik. Hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I persentase keberhasilan dari 69 61% menjadi 87 96% pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran CIRC berbantuan Power Point dan handout dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang pada Mata Pelajaran Korespondensi dengan Kompetensi Dasar membuat surat Dinas. Saran dari penelitian ini adalah guru dianjurkan untuk menerapkan model pembelajaran CIRC untuk mengatasi kejenuhan siswa saat belajar sehingga dapat memicu minat belajar siswa ketingkat yang lebih baik. Selain itu saran bagi peneliti selanjutnya model pembelajaran yang sudah diterapkan oleh peneliti dapat digunakan sebagai informasi untuk menggunakan penelitian sejenis dalam lingkup yang lebih luas serta lebih memperhatikan literatur model pembelajaran pemahaman konsep awal pembelajaran CIRC pembagian kelompok atas dan kelompok bawah pada daya pembeda soal menggunakan nilai rapot untuk menghindari bias nilai dan skala Likert menggunakan 5 (lima) respond. Sehingga penelitian sejenis yang dilakukan dapat menjadi penelitian yang lebih baik lagi. ABSTRACT Alamitha S. P. 2017. The Implementation of CIRC Learning Model by Using Power Point and Handout on Correspondence Subject to Enhance Learning Interest and Learning Outcome (Study on the Tenth Grade Students of Office Administration at SMK Muhammadiyah 2 Malang). Sarjana s Thesis. Department of Management Faculty of Economics Universitas Negeri Malang. Advisor Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd M.M. Keywords CIRC learning model power point handout learning interest learning outcome The results of the observations made in SMK Muhammadiyah 2 Malang on Correspondence Subject on the tenth grade students of APK known that the teachers tend to use lectures assignments and practice making the letter so that the involvement of students in the learning process is still monotonous in which the students only listen taking notes and practicing to make letter during daily test so that the average student learning outcomes are still under the standard passing grade. Seeing the problems that occur then the researchers have a solution to overcome these problems is to implement CIRC learning models by using Power Point and handout. This study aims to determine the following points (1) the implementation of CIRC learning model by using Power Point and handout on the Correspondence Subject for the tenth grade students of APK at SMK Muhammadiyah 2 Malang (2) after the implementation of CIRC learning model by using Power Point and handouts students learning interest at SMK Muhammadiyah 2 Malang on Correspondence Subject (3) student learning outcomes after the implementation of CIRC learning model by using Power Point and handout on the Correspondence Subject for the tenth grade students of APK at SMK Muhammadiyah 2 Malang. The type of this research is Classroom Action Research (CAR) by using qualitative approach method. Subjects in this study are the tenth grade students of APK at SMK Muhamadiyah 2 Malang. Data collection techniques in this study using interviews observation documentation tests and questionnaires. The research finding of this study show the implementation of CIRC learning model by using Power Point and handouts increased interest and student learning outcomes. The percentage of success of student interest in pre cycle reached 75% with good criteria and increased to 85.05% in cycle II with very good criteria. The percentage of students cognitive achievement learning achievement increased from 88.24% to 91.22% with very good criteria. Results of learning affective field in the first cycle of success percentage of 65.36% to 77.78% in cycle II with good criteria. Psychomotoric learning result in cycle I reached the percentage of success from 69.61% to 87.96% in cycle II with very good criterion. The conclusion of this research is the implementation of the CIRC learning model by using Power Point and handouts can increase interest and student learning outcomes for the tenth grade students of APK at SMK Muhammadiyah 2 Malang Department with Basic Competence of making formal letter. Suggestion from this research is that teacher is recommended to implement CIRC learning model to overcome students boredom while studying so it can trigger students interest to learn better. Besides suggestions for further research learning model that has been applied by the researcher can be used as information to conduct similar research in a broader scope and to pay more attention on learning literature model understanding the concept of early CIRC learning grouping for high and low class on the problem difference using rapport score to prevent score bias and Likert scale using five (5) responds. Therefore that kind of research can be conducted better in the future.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29271

Actions (login required)

View Item View Item