Strategi pengembangan wisata edukasi kampung coklat dalam meningkatkan jumlah pengunjung / Esthi Wahyu Ningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pengembangan wisata edukasi kampung coklat dalam meningkatkan jumlah pengunjung / Esthi Wahyu Ningtyas

Ningtyas, Esthi Wahyu Ningtyas (2023) Strategi pengembangan wisata edukasi kampung coklat dalam meningkatkan jumlah pengunjung / Esthi Wahyu Ningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wisata Edukasi Kampung Coklat merupakan salah satu destinasi wisata yang turut terdampak adanya pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan preferensi pengunjung serta menentukan prioritas strategi dalam meningkatkan jumlah pengunjung. Metode deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan perhitungan persentase dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan responden sebanyak 100 pengunjung. Hasil dalam penelitian ini yaitu persepsi pengunjung terhadap Wisata Edukasi Kampung Coklat memiliki klasifikasi yang sangat baik dengan nilai persentase di antara 75%-100% preferensi pengunjung pada jenis kegiatan wisata paling banyak diminati adalah liburan atau rekreasi sebesar 29% dan preferensi sumber informasi yang didapatkan pengunjung paling banyak didapatkan melalui teman atau saudara sebesar 52%. Prioritas kriteria kebijakan dalam strategi pengembangan Wisata Edukasi Kampung Coklat dalam meningkatkan jumlah pengunjung adalah fasilitas wisata dengan nilai 0 662 dan alternatif kebijakan yang digunakan adalah pengembangan dan perawatan fasilitas wisata dengan nilai 0 478. Pengelola Wisata Edukasi Kampung Coklat dapat mengembangkan fasilitas yang diperlukan untuk mendukung kegiatan wisata dan juga memperhatikan periode perbaikan maupun maintenance setiap fasilitas agar selalu dalam kondisi baik. Sehingga dengan strategi ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan sekaligus meningkatkan kontribusi PAD sektor pariwisata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292703

Actions (login required)

View Item View Item