Analisis kompetensi pedagogik pada aspek evaluasi proses dan hasil belajar siswa (studi pada guru Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas X SMK Negeri 2 Blitar) / Ade Diana Sinta - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kompetensi pedagogik pada aspek evaluasi proses dan hasil belajar siswa (studi pada guru Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas X SMK Negeri 2 Blitar) / Ade Diana Sinta

Sinta, Ade Diana (2017) Analisis kompetensi pedagogik pada aspek evaluasi proses dan hasil belajar siswa (studi pada guru Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas X SMK Negeri 2 Blitar) / Ade Diana Sinta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sinta Ade Diana. 2017. Analisis Kompetensi Pedagogik Pada Apek Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Guru Program Keahlian Administrasi Perkantoran Kelas X SMK Negeri 2 Blitar). Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. H. Sutrisno M.M. Kata Kunci Kompetensi Pedagogik Guru Evaluasi Proses Evaluasi Hasil. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran sehingga dapat berjalan dengan baik serta mampu memanfaatkan alat atau teknologi yang dimiliki untuk memudahkan kegiatan pembelajaran. Kompetensi pedagogik ini harus dimiliki oleh semua guru karena dengan memiliki kompetensi ini guru akan mampu menjalankan pembelajaran dengan baik yang tentu saja didukung dengan kompetensi-kompetensi guru yang lain. Sebagian guru di SMK Negeri 2 Blitar belum melaksanaan kompetensi pedagogik dengan maksimal khususnya pelaksanaan penilaian dan evaluasi proses pembelajaran dan hasil belajar. Pada penelitian ini peneliti berfokus kepada salah satu aspek kompetensi pedagogik yaitu penilaian dan evaluasi proses pembelajaran dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dari penilaian evaluasi proses pembelajaran evaluasi proses pembelajaran dan pelaksanaan dari penilaian hasil belajar dan evaluasi hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini memiliki sumber data dari guru sebagai informan kunci dan siswa sebagai informan pendukung. Data diperoleh dari wawancara observasi dan dokumentasi. Untuk mengetahui validitas data peneliti melakukan kegiatan triangulasi terhadap data yang telah didapat. Sedangkan untuk analisis data peneliti melakukan reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil dari analisis data diketahui bahwa (1) guru SMK Negeri 2 Blitar telah menyelenggarakan kompetensi pedagogik aspek penilaian dan evaluasi proses pembelajaran meskipun belum maksimal. Pada tahap perencanaan guru lebih dominan merencanakan penilaian proses pembelajaran pada tahap inti saja sedangkan perencanaan evaluasi proses pembelajaran guru hanya melaksanakan dengan kegiatan refleksi. Guru melaksanakan kegiatan penilaian proses pembelajaran dengan menggunakan penilaian terhadap tugas dan ulangan harian siswa. Untuk pelaksanaan evaluasi proses pembelajaran guru hanya menggunakan kegiatan refleksi. (2) Guru SMK Negeri 2 Blitar telah menyelenggarakan kompetensi pedagogik penilaian dan evaluasi hasil belajar dengan baik meskipun masih belum maksimal. Guru menyelenggarakan penilaian hasil belajar dengan melaksanakan kegiatan UTS dan UAS. Untuk penyelenggaraan evaluasi hasil belajar guru melaksanakan kegiatan remidial saja. ABSTRACT Sinta Ade Diana. 2017. Analysis of Pedagogic Competency on Process Evaluation Aspec and Learning Outcome (Study for Teachers of Office Administration Expertise Program X Grade at SMK Negeri 2 Blitar). Sarjana s Thesis Study Program Education of Office Administration Management Program Faculty of Economics Universitas Negeri Malang Supervisor Dr. H. Sutrisno M. M. Keywords Teachers Pedagogic Competency Evaluation Process Evaluation of The Result Pedagogic competency is the ability of teachers in the management of learning so that it can goes well and be able to utilize the tool or technology owned for facilitate learning activity. All of teachers must have pedagogic competency because with this competency teachers will be able to run a learning with better that of course supported by the others of teachers competency. Partly teacher in SMK Negeri 2 Blitar is not implemented the pedagogic competency with maximum in particular the implementation of assessment and evaluation of learning process and the result of learning. In this research researcher focused to one of the pedagogic competency that is (1) assessment and evaluation process (2) assessment and evaluation of learning outcome. This reasearch have a purpose to know the assessment implementation of learning process evaluation of learning process assessment of the learning outcome evaluation of the learning outcome. This research is qualitative research with descriptive approach. This research obtained the data from teachers as the key informan and student as informant. Data obtain from interview observation and documentation. To know data validity researcher do the activity of triangulation to the data that has been obtained. While for data analysis researcher do data reduction data display and data verification. Based on the results of the data analysis (1) it is known that teacher in SMK Negeri 2 Blitar have implemented pedagogic competency assessment and evaluation the learning of process and the result of learning aspect that still not maximum. When in planning phase teacher more dominant to palnning the assessment of learning process just in core phase while planning evaluation of learning process teacher just planning the reflection activity. Teacher implemented the assessment of learning process activity using assessment toward the assignment and student daily test. For implementation evaluation of learning process teacher just use reflection activity. (2) teacher in SMK Negeri 2 Blitar have been implemented fine pedagogic competency assessment and evaluation of the learning outcome although could not maximum. Teacher implemented assessment the result of learning using UTS and UAS activity. For implementation evaluation of the learning outcome teacher just use remedial activity.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29270

Actions (login required)

View Item View Item