Pengembangan media pembelajaran berbasis Prezi pada mata pelajaran Administrasi Kepegawaian untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa Administrasi Perkantoran kelas XI di SMK Negeri 1 Malang) / Hilda Ayu Permatasariermatasai - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis Prezi pada mata pelajaran Administrasi Kepegawaian untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa Administrasi Perkantoran kelas XI di SMK Negeri 1 Malang) / Hilda Ayu Permatasariermatasai

Permatasari, Hilda Ayu (2017) Pengembangan media pembelajaran berbasis Prezi pada mata pelajaran Administrasi Kepegawaian untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa Administrasi Perkantoran kelas XI di SMK Negeri 1 Malang) / Hilda Ayu Permatasariermatasai. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permatasari Hilda Ayu. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Pada Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. (Studi Pada Siswa Administrasi Perkantoran Kelas XI di SMK Negeri 1 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. I Nyoman Suputra M.Si. Kata Kunci Pengembangan Media Prezi Hasil Belajar Media merupakan salah satu alat bantu mengajar yang diciptakan oleh guru. Pengembangan media pembelajaran disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pengajar dan peserta belajar. Berdasarkan hasil observasi SMK Negeri 1 Malang memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang memadai namun masih kurangnya media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis Prezi sebagai media pembantu proses pembelajaran di kelas. Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan (1) untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Prezi pada mata pelajaran Administrasi Kepegawaian Kompetensi Dasar Prosedur Pendidikan dan Latihan untuk siswa kelas XI SMK Negeri 1 Malang yang telah melalui proses validasi sehingga layak digunakan sebagai media ajar (2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Prezi yang telah dikembangkan melalui hasil validasi (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan media dan tidak menggunakan media. Penelitian ini menggunakan metode Sugiyono yakni Research Development (R D) dan model Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 9 langkah sebagai model pengembangannya. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan meliputi potensi dan masalah mengumpulkan informasi desain produk validasi desain perbaikan desain uji coba produk uji pemakaian revisi produk dan produk akhir. Modul ini divalidasi oleh ahli materi dari guru mata pelajaran Administrasi Kepegawaian ahli modul dari dosen Fakultas Ekonomi dan uji kelompok kecil yang terdiri dari 6 siswa dari kelas XI APK 1 dengan masing-masing 2 anak yang memiliki kemampuan tinggi sedang dan rendah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil penelitian berupa hasil validasi ahli materi ahli media dan uji coba kelompok kecil. Pada hasil validasi ahli materi diperoleh hasil sebesar 87% yang menyatakan materi sangat valid hasil validasi ahli media sebesar 91% yang menyatakan media pembelajaran berbasis Prezi sangat valid sedangkan untuk uji coba kelompok kecil mendapatkan hasil sebesar 86% yang menyatakan media sangat valid. Hasil uji coba yang dilakukan peneliti melalui kelas kontrol dan kelas eksperimen untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil dari post test siswa menunjukkan perbedaan yang menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 83 18% sedangkan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 91 51%. Berdasarkan perbandingan nilai post test tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Prezis yang dikembangkan oleh peneliti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. ABSTRACT Permatasari Hilda Ayu. 2017. Development of Prezi-Based Learning Media On Personnel Administration Subject To Improve Student Learning Outcomes. (Study On Administration Office Student Eleventh Grade in SMK Negeri 1 Malang). Thesis Department of Management Faculty of Economics State University of Malang. Supervisor Drs. I Nyoman Suputra M.Si. Keywords Media Development Prezi Learning Outcomes Media is one of the form of teaching and learning tool created by the teachers. Learning media development is adapted to the conditions and needs of teachers and students. Based on observations SMK Negeri 1 Malang has good and adequate facilities and infrastructure but still lack of learning media that appeal to students. Therefore researcher wants to develop the learning media based on Prezi as a medium of learning process in the classroom. This Research and Development aims to (1) to produce Prezi-based learning media on the subjects of Personnel Administration with Basic Competence of Education and Training Procedures for eleventh grade students at SMK Negeri 1 Malang that have been through validation process so it is worthy to be used as a teaching media (2) to know feasibility of Prezi-based learning media that has been developed through the validation result (3) to know the learning outcomes improvement of student who use the media and who doesn t. This research uses Sugiyono method namely Research Development (R D) and Borg and Gall model which is modified into 9 steps as its development model. Research and development steps include potential and problems collecting information product design design validation design improvements product trials usage tests product revisions and final products. The module is validated by a material expert by the Personnel Administration teacher a module expert by the Faculty of Economics Lecturer and a small group test consist of 6 students from grade XI APK 1 with each 2 children with high medium and low ability. Based on this research conducted researcher obtained the results from the validation of material expert media experts and small group trials. From validation of material expert obtained 87% which stated the material is very valid the result from validation of media expert obtained 91% stated that prezi based learning media is very valid while for small group trial obtained result 86% which stated media is also very valid. The learning experiment conducted by researcher through the control class and experimental class is to determine the student s learning outcomes. The result of the student s post test shows the difference in improvement. This shows in the average score of control class which obtained 83.18% while the experimental class got bigger average score which is 91 51%. Based on the comparison of post test result researcher can conclude that the development of Prezi-based learning media can improve student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29269

Actions (login required)

View Item View Item