Pengembangan e-modul berbasis digital flipbook pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran untuk meningktkan kemandirian dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK di SMK Negeri 2 Tuban) / Alfisa Fitri Febriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis digital flipbook pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran untuk meningktkan kemandirian dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK di SMK Negeri 2 Tuban) / Alfisa Fitri Febriana

Febriana, Alfisa Fitri (2017) Pengembangan e-modul berbasis digital flipbook pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran untuk meningktkan kemandirian dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK di SMK Negeri 2 Tuban) / Alfisa Fitri Febriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febriana A. F. 2017. Pengembangan E-ModuleBerbasis Digital Flipbook Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas X APK di SMK Negeri 2 Tuban). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M Kata Kunci e-module digital flipbook hasil belajar kemandirian belajar Berkembangnya teknologi informasi di dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang signifikan. Pemanfaatan komputer saat ini tidak hanya sebagai alat untuk mengolah data melainkan juga dapat dipergunakan sebagai alternatif dalam proses belajar dan pembelajaran. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan penggunaan TIK salah satunya adalah mengembangkan bahan ajar yang dapat memotivasi siswa agar lebih meningkatkan prestasi belajar aktif serta mandiri. Salah satu bahan ajar berbasis TIK yang perlu dikembangkan adalah modul elektronik atau e-module. Pengembangan e-module Pengantar Administrasi Perkantoran yang sesuai dengan berlakunya Kurikulum 2013 dibutuhkan karena terbatasnya bahan ajar yang disediakan di sekolah. Melalui pengembangan e-module ini diharapkan dapat meningkatkan kemandirian serta hasil belajar siswa. Pengembangan e-module ini bertujuan untuk(1) menghasilkan e-module Pengantar Administrasi Perkantoranberbasis Digital Flipbook pada materi semester genap untuk siswa SMK Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran (2) mengetahui kelayakan e-modulePengantar Administrasi Perkantoranberbasis Digital Flipbookmateri semester genap untuk siswa SMK Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran melalui uji validasi ahli (3) mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan e-module Pengantar Administrasi Perkantoran berbasis Digital Flipbook dengan siswa yang tidak menggunakan e-module Pengantar Administrasi Perkantoran berbasis Digital Flipbook (4) mengetahui perbedaan kemandirian belajar antara siswa yang menggunakan e-module Pengantar Administrasi Perkantoran berbasis Digital Flipbook dengan siswa yang tidak menggunakan e-module Pengantar Administrasi Perkantoran berbasis Digital Flipbook dan (5) mengetahui keefektifan e-module Pengantar Administrasi Perkantoranberbasis Digital Flipbook pada materi semester genap untuk siswa SMK Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran. Prosedurpengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah prosedur penelitian dan pengembangan Borg Gall dengan langkah-langkah yang telah disesuaikan dengan kebutuhan peneliti yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan format produk awal (4) uji coba lapangan awal (5) revisi hasil uji coba (6) uji coba lapangan (7) revisi produk hasil uji lapangan (8) uji pelaksanaan lapangan. Validasi e-module dilakukan oleh 1 ahli materi 1 ahli e-module dan 6 siswa uji coba terbatas. Jenis data yang terdapat dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif terdiri dari hasil wawancara observasi kritik dan saran dari ahli validator e-module. Data kuantitatif terdiri dari perhitungan skor pada lembar validasi ahli materi ahli e-module dan uji coba terbatas (siswa) perhitungan skor pada angket kemandirian belajar hasil taraf kesukaran dan daya pembeda soal serta hasil posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi angket kemandirian belajar test tertulis pedoman wawancara dan lembar observasi. Hasil perhitungan validasi ahli materi 87 82% menunjukkan kriteria sangat valid. Hasil perhitungan validasi ahli e-module 84 44%menunjukkan kriteria cukup valid.Hasil perhitungan keseluruhan skor uji coba terbatas dari siswa kelompok kecil 84 30% menunjukkan kriteria cukup valid.Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelas kontrol.Analisis uji t menunjukkan bahwa nilai thitung ttabel (5 550 1 997) dengan probabilitas 0 05 (0 00 0 05) maka H0 ditolak. Artinya ada perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.Skor rata-rata kemandirian belajar siswa kelas eksperimen 4 10 sedangkan skor rata-rata kemandirian belajar kelas kontrol 2 75. Efektifitas e-module 82 34 menunjukkan kriteria bahwa e-module sangat valid atau sangat efektif. Kajian produk dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) produk yang dihasilkan berupa e-module Pengantar Administrasi Perkantoran berbasis Digital Flipbook materi semester genap (2) hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan kriteria sangat valid hasil validasi oleh ahli e-module dan uji coba terbatas menunjukkan kriteria cukup valid (3) berdasarkan hasil belajar terdapat perbedaan antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol (4) berdasarkan angket kemandirian belajar terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (5) hasil efektifitas menunjukkan kriteria sangat tinggi. Saran pemanfaatan e-module adalah (1) siswa diharapkan siswa agar memperhatikan dan mengikuti petunjuk penggunaan e-module. Siswa dapat bertanya pada guru apabila ada hal yang belum dimengerti (2) guru diharapkan menggunakan e-module pegangan guru pada saat proses pembelajaran. Guru diharapkan mampu menguasai kelas sehingga mampu mengarahkan siswa mempelajari e-module Pengantar Administrasi Perkantoran berbasis Digital Flipbook. Saran diseminasi pada penelitian dan pengembangan e-module agar guru dapat menyebarkan e-module Pengantar Administrasi Perkantoran berbasis Digital Flipbook melalui tim MGMP (Musyawarah Guru Mata pelajaran). Saran pengembangan lebih lanjut pada penelitian dan pengembangan e-module adalah agar dapat mengembangkan e-module berbasis Digital Flipbook pada materi atau Kompetensi Dasar lainnya penambahan video yang sesuai dengan materi serta e-module perlu adanya pembaharuan sesuai dengan berkembangnya teknologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29268

Actions (login required)

View Item View Item