Pengaruh efikasi diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pengantar Adminisasi Perkantoran studi pada sswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang / Rika Dewi Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh efikasi diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pengantar Adminisasi Perkantoran studi pada sswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang / Rika Dewi Puspitasari

Puspitasari, Rika Dewi (2017) Pengaruh efikasi diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pengantar Adminisasi Perkantoran studi pada sswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang / Rika Dewi Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspitasari R. D. 2017. Pengaruh Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Studi Pada Kelas X Administrasi Perkantoran Di SMK PGR1 2 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sarbini Kata Kunci Efikasi Diri Motivasi Belajar Hasil Belajar. Dalam dunia pendidikan hasil belajar menjadi salah satu indikasi berhasil tidaknya suatu pendidikan. Hasil belajar yang baik mengindikasikan berhasilnya suatu pendidikan. Begitu pula hasil belajar yang kurang baik bisa dijadikan indikasi bahwa suatu pendidikan kurang berhasil. Contohnya hasil belaiar pada mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran digunakan sebagai indikator kualitas dan kuantitas pengetahuan yang dikuasai anak didik dalam memahami mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya faktor intern (Efikasi Diri) dan faktor ekstern (Motivasi Belajar). Tujuan penalitian ini untuk mengatahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh efikasi diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran kelas X Administrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Malang. Penelitian ini adalah penelitian survey research. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Malang yang berjumlah 66 dan sampel penelitian 57 siswa yang diambil dengan menggunakan cluster random sampling. Intrumen yang digunakan terdiri dari angket efikasi diri angket motivasi belajar dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran kelas X Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 malang. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran korespondensi kelas X Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang. (3) Ada Pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran di SMK PGRI 2 Malang. Kesimpulan yang diperoleh yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajarn pengantar administrasi perkantoran kelas X Administrasi Perkantoan SMK PGRI 2 Malang. Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan temuan adalah untuk lebih memotivasi siswa untuk percaya diri bahwa kegagalan dapat membuat siswa lebih giat dalam mencapai keberhasilan prestasi dengan membuat target siswa dapat mencapai prestasi belajar yang diinginkan dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti tentang efikasi diri terhadap hasil belajar. ABSTRACT Puspitasari R. D. 2017. The Effect Of Self Efficacy and Learning Motivation of Learning Outcomes In Subject Introduction Administration Of Office Studies In Class X office Administration at SMK PGR1 2 Malang. Sarjana s Thesis Department of Management Faculty of Economics State University of Malang. Supervisor Drs. Sarbini M.Pd Keywords Self Efficacy Learning Motivation Learning Outcomes In the world of education learning outcomes become one indication of success or failure of an education. Good learning results indicate the success of an education. Similarly the results of less good learning can be an indication that an education is less successful. For example the results of belaiar on the subject of Introduction to Office Administration is used as an indicator of the quality and quantity of knowledge controlled by the students in understanding the correspondence subjects. There are many factors that influence learning outcomes including internal factors (Self Efficacy) and external factors (Learning Motivation). The purpose of this penalitian to mengatahui and explain how much the influence of self efficacy and learning motivation on the learning subjects introductory subjects administrative office class X Office Administration SMK PGRI 2 Malang. This research is survey research. The population of this study are the students of class X Administration Office SMK PGRI 2 Malang amounting to 66 and research sample of 57 students taken by using cluster random sampling. The instruments used consisted of self-efficacy questionnaires motivation questionnaires and student learning outcomes. The results of this study indicate that (1) There is a positive and significant influence between self efficacy on learning outcomes of learners on introductory subjects office administration class X Office Administration at SMK PGRI 2 Malang. (2) There is a positive and significant influence between the motivation of learning on the learning outcomes of learners on the subjects correspondence class X Office Administration in SMK PGRI 2 Malang. (3) There is a positive and significant influence between self efficacy and learning motivation on student learning outcomes in introductory subjects of office administration in SMK PGRI 2 Malang. The conclusion obtained is that there is a positive and significant influence between self efficacy and learning motivation on the learning result of student eye introduction of administration of class X office administration of SMK PGRI 2 Malang. Suggestions that can be given related to the findings are to motivate students more confidently that failure can make students more active in achieving success achievement by making the target students can achieve the desired learning achievement and for further researchers are expected to examine about the efficacy of self to the results learn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29267

Actions (login required)

View Item View Item