Pengembangan media audio-visual menggunakan adobe flash pada pokok bahasan memproduksi dokumen/lembar kerja sederhana untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Malang) / Ika Kartika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media audio-visual menggunakan adobe flash pada pokok bahasan memproduksi dokumen/lembar kerja sederhana untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Malang) / Ika Kartika

Kartika, Ika (2017) Pengembangan media audio-visual menggunakan adobe flash pada pokok bahasan memproduksi dokumen/lembar kerja sederhana untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Malang) / Ika Kartika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kartika Ika. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio-Visual Menggunakan Adobe Flash pada Pokok Bahasan Memproduksi Dokumen/Lembar Kerja Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Hj. Wasiti S.Sos M.Si. Kata Kunci media pembelajaran audio-visual hasil belajar otomatisasi perkantoran. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan dan mendorong upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar mengajar. Pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan dapat dilakukan dengan cara mengembangkan media pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa dalam proses belajar. Peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis audio-visual menggunakan Adobe Flash pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran sebagai alternatif media pembelajaran yang dapat membantu siswa belajar secara mandiri dan meningkatkan pemahaman siswa. Media audio-visual adalah media yang merupakan kombinasi audio dan visual atau biasa disebut media dengar-pandang. Dengan menggunakan media audio-visual guru dapat memberikan pengalaman nyata melalui media yang diberikan dengan tujuan untuk memperjelas penyampaian materi. Melalui media audio-visual objek yang susah dijelaskan dengan kata-kata mampu digambarkan dengan jelas menggunakan visualisasi yang nyata dengan didukung unsur suara dan gambar. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan media pembelajaran audio-visual menggunakan Adobe Flash pada pokok bahasan memproduksi dokumen/lembar kerja sederhana (2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran audio-visual menggunakan Adobe Flash pada pokok bahasan memproduksi dokumen/lembar kerja sederhana (3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran audio-visual menggunakan Adobe Flash dengan siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran audio-visual menggunakan Adobe Flash (4) untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran audio-visual menggunakan Adobe Flash pada pokok bahasan memproduksi dokumen/lembar kerja sederhana. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan model penelitian Dick Carey yang disesuaikan dengan konteks peneliti. Penelitian dan pengembangan ini mengambil 10 langkah yaitu (1) analisis kebutuhan dan identifikasi tujuan umum (2) melakukan analisis pembelajaran (3) menganalisis pembelajar/siswa (4) merumuskan tujuan kinerja (5) mengembangkan instrumen assesment (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif (9) melakukan revisi pembelajaran dan (10) merancang dan melakukan evaluasi sumatif. Validasi media dilakukan oleh 2 ahli materi 2 ahli media dan 6 siswa. Jenis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari saran dan kritik para validator ahli dan pengguna sedangkan data kuantitatif diperoleh dari perhitungan skor pada lembar angket para validator dan siswa hasil belajar siswa serta perhitungan uji efektivitas penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil angket validasi ahli materi memperoleh skor sebesar 95% validasi ahli media memperoleh skor sebesar 85% dan validasi siswa memperoleh skor sebesar 88% sehingga media pembelajaran dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan. Setelah melaksanakan pembelajaran pada kelas ekperimen dan kontrol diperoleh nilai rata-rata hasil belajar 73.13 untuk kelas eksperimen dengan standar deviasi sebesar 5.56 dan 68.09 untuk rata-rata hasil belajar kelas kontrol dengan standar deviasi sebesar 11.20. Selanjutnya hasil analisis uji t menunjukkan bahwa thitung ttabel (2.293 1.999) dengan probabilitas 0.05 (0.02 0.05) maka H0 ditolak. Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelas kontrol. Artinya ada perbedaan rata-rata hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil efektivitas modul adalah 73.13% yang menunjukkan bahwa modul memiliki kriteria tingkat efektivitas tinggi . Kajian produk dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran berbasis audio-visual menggunakan Adobe Flash pada pokok bahasan memproduksi dokumen/lembar kerja sederhana (2) hasil validasi oleh ahli materi ahli media dan pengguna/siswa menunjukkan kriteria sangat valid (3) berdasarkan hasil belajar terdapat perbedaan antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol (4) hasil efektivitas menunjukkan kriteria sangat tinggi. Saran pemanfaatkan media bagi siswa yaitu penggunaan media pembelajaran secara mandiri sebaiknya menggunakan bantuan perangkat komputer dan headphone. Saran pemanfaatan media bagi guru yaitu (1) agar guru menggunakan media pembelajaran berbasis audio-visual sebagai alat bantu belajar pada kegiatan belajar mengajar (2) penggunaan media pembelajaran di dalam kelas sebagai tayangan di depan kelas sebaiknya menggunakan bantuan perangkat LCD Pojector dan Speaker (3) sebaiknya sebelum menggunakan media pembelajaran guru disarankan untuk mendalami materi yang disajikan dalam modul. Saran pengembangan lebih lanjut pada penelitian dan pengembangan media pembelajaran adalah diharapkan terdapat penambahan instrumen evaluasi untuk mengukur kemampuan siswa pada media pembelajaran serta menambahkan Kompetensi Dasar lain pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29266

Actions (login required)

View Item View Item