Pengaruh fundamental Bank terhadap non-performing loan / Rafli Ernawa Azhar Kencana</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh fundamental Bank terhadap non-performing loan / Rafli Ernawa Azhar Kencana</p>

Kencana, Rafli Ernawa Azhar (2023) Pengaruh fundamental Bank terhadap non-performing loan / Rafli Ernawa Azhar Kencana</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor fundamental bank terhadap kredit bermasalah (non-performing loan). Pengujian dilakukan pada 13 sampel dengan 39 data perusahaan bank umum konvensional di BEI tahun 2019-2021 dengan menggunakan metode purposive sampling. Sebelum data dianalisis dilakukan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas (kolmogorov-smirnov) uji multikolinearitas uji heteroskedastisitas scatterplot dan uji autokorelasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis statistik deskriptif uji hipotesis dengan regresi linear berganda uji parsial (t) uji koefisien determinasi dan uji simultan (F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa loan to deposit ratio return on assets dan capital adequacy ratio berpengaruh negatif terhadap non-performing loan karena semakin tinggi rasio kecukupan modal likuiditas dan profitabilitas perbankan dapat berfungsi untuk menutupi risiko kerugian yang mungkin akan dihadapi bank akibat peningkatan kredit bermasalah. Selanjutnya loan loss provision berpengaruh positif terhadap non-performing loan karena meningkatnya loan loss provision akan mengurangi laba bersih dari bank yang bersangkutan dan berdampak terhadap kualitas kredit yang disalurkan. Kemudian pertumbuhan kredit tidak berpengaruh terhadap non-performing loan hal ini dikarenakan praktik penyaluran kredit yang baik dari perbankan tersebut sehingga pertumbuhan kredit pada beberapa perbankan tidak selalu diikuti dengan kenaikan non-performing loan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292642

Actions (login required)

View Item View Item