Penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi (studi pada siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Nindia Dwi Norma Guvita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi (studi pada siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Nindia Dwi Norma Guvita

Guvita, Nindia Dwi Norma (2017) Penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi (studi pada siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Nindia Dwi Norma Guvita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Guvita Nindia Dwi Norma. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Korespondensi (Studi Pada Kelas X APK di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi). Skripsi. Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Hj. Wasiti S. Sos M.Si. Kata kunci Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Aktivitas Hasil Belajar Pendidikan merupakan usaha yang sengaja dan terencana untuk membantu perkembangan potensi dan kemampuan peserta didik agar bermanfaat bagi kepentingan hidupnya sebagai seorang individu. Hasil wawancara sebelum tindakan ditemukan beberapa masalah yaitu guru masih menggunakan metode ceramah dan penugasan sehingga siswa cenderung pasif karena proses pembelajaran yang bersifat monoton serta ditemukan masalah bahwa hasil belajar siswa yang masih kurang. Berdasarkan masalah tersebut maka tindakan yang dapat dilakukan adalah memberikan tindakan yaitu dengan penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran korespondensi. Model pembelajaran Think Talk Write (TTW) adalah suatu strategi yang dilakukan oleh guru sebagai penghubung dalam menyampaikan materi kepada siswa yang dibangun melalui proses berpikir berbicara dan menulis yang dilakukan oleh siswa. Model pembelajaran ini diharapkan dapat membantu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus siklus I dan siklus II yang setiap siklusnnya terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan tahap pelaksanaan tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X APK di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi dengan jumlah siswa 41 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes lembar observasi catatan lapangan wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini antara lain aktivitas siswa pada penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) telah mengalami peningkatan sebesar 6 02% dari siklus I dengan nilai rata-rata 83 213% ke siklus II menjadi 89 235%. hal tersebut dapat terjadi karena di setiap siklus terdapat refleksi yang dilakukan oleh peneliti dengan 3 observer dengan tujuan untuk memperbaiki kekurangan pada siklus I. Sedangkan untuk hasil belajar juga mengalami peningkatan untuk ranah kognitif pada siklus I sebesar 85 37% telah tuntas belajar sedangkan pada siklus II naik menjadi 95 12% yang telah tuntas belajar. Pada ranah psikomotori juga mengalami peningkatan siklus I nilai rata-rata siswa adalah 81 99 meningkat 9 79% ke siklus II 91 75. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan menggunakan Penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) telah berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. ABSTRACT Guvita Nindia Dwi Norma. 2017. The implementation of Think Talk Write (TTW) Learning Model to Enhance Students Activities and Learning Outcome of Correspondence Lesson (Study at Xth grade APK of SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi). Sarjana s Thesis Department of Management Study Program of S1 Office Administration Education Faculty of Economics Universitas Negeri Malang. Supervisor Dra. Hj. Wasiti S. Sos M.Si. Keywords Think Talk Write (TTW) Learning Model Activity Learning Outcome Education is an intentional and planned effort to help the improvement of student potency and ability in order to be beneficial for fulfilling the needs as an individual. The prior interview results obtained some problems teacher still used lecturing and giving an assignment methods so students tend to be passive because of monotonous learning and teaching process the other problem was found that students learning results were still low. Based on those problems it is essential to do the implementation of Think Talk Write (TTW) learning model to improve students activities and learning results especially on Correspondence lesson. Think Talk Write (TTW) learning model is a strategy done by the teacher functioning as the medium in delivering materials to students which is created through thinking process speaking and writing done by the students. This learning model is expected to be able to improve students activities and learning results. The research design used is Classroom Action Research (CAR) which is done on two cycles cycle I and II consisting of four steps on each cycle planning implementing observing and reflecting. The subjects of this study are students of X APK at SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi consisting of 41 students. The techniques of data collection are using test observation sheet field note interview and documentation. The research findings of this study showed that there was improvement on students activities using Think Talk Write (TTW) learning model which was 6.02% based on cycle I obtaining 83.213% to be 89.235% on cycle II. It was because there was reflection done by the researcher and observed by 3 observers on each cycle aiming to improve the weakness on cycle I. Meanwhile there was also improvement on students learning results. For cognitive aspect the result on cycle I was 85.37% and it improved on cycle II i.e. 95.12% meaning that the learning was already complete. For psychomotor aspect there was also improvement which was 81.99% on cycle I to be 91.75% on cycle II meaning that it improved 9.79%. According to those data analysis it can be concluded that the researcher has been successful to improve students activities and learning results by implementing Think Talk Write (TTW) learning model.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29264

Actions (login required)

View Item View Item