Pengaruh leverage, ukuran Perusahaan, dan profitabilitas terhadap pengungkapan emisi karbon / Mahaparana Al Latif</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh leverage, ukuran Perusahaan, dan profitabilitas terhadap pengungkapan emisi karbon / Mahaparana Al Latif</p>

Latif, Mahaparana Al (2022) Pengaruh leverage, ukuran Perusahaan, dan profitabilitas terhadap pengungkapan emisi karbon / Mahaparana Al Latif</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemanasan global yang disebabkan karena meningkatnya gas rumah kaca memicu terjadinya bencana pada bumi. Satu di antara factor penyumbang gas rumah kaca adalah aktivitas perusahaan. Untuk mengurangi risiko kontinjensi dari stakeholders terhadap aktivitas perusahaan maka perusahaan mengungkapkan laporan terkait aktivitas emisinya. Pengungkapan emisi karbon ialah laporan terkait kuantitas emisi karbon yang dihitung oleh perusahaan yang dapat memberi informasi kepada pengguna berkenaan dengan jumlah emisi karbon yang dihasilkan perusahaan akibat aktivitas operasionalnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh leverage ukuran perusahaan serta profitabilitas terhadap pengungkapan emisi karbon. Indeks yang digunakan guna mengukur luas pengungkapan emisi karbon ialah indeks yang bersumber dari Global Reporting Initiative (GRI) 2016. Populasi penelitian adalah perusahaan sektor pertambangan terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada 2018 ndash 2021. Sampel sejumlah 11 perusahaan diperoleh melalui purposive sampling sehingga didapatkan 44 unit analisis. Uji asumsi klasik dipakai untuk menganalisis data dan analisis regresi linear berganda dipakai untuk menguji hipotesis dengan SPSS 16.0 sebagai alat bantu untuk menganalisis. Hasil penelitian memberi bukti jika ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan emisi karbon. Sedang dua variabel lain yang diteliti tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapa emisi karbon.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292639

Actions (login required)

View Item View Item