Intellectual capital dan kinerja keuangan Perusahaan: studi pada Bank Umum Konvensional / Sinta Anggraini</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Intellectual capital dan kinerja keuangan Perusahaan: studi pada Bank Umum Konvensional / Sinta Anggraini</p>

Anggraini, Sinta (2023) Intellectual capital dan kinerja keuangan Perusahaan: studi pada Bank Umum Konvensional / Sinta Anggraini</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari setiap komponen intellectual capital (M-VAIC) terhadap kinerja keuangan perusahaan (ROA). Populasi penelitian mencakup seluruh bank umum konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2021. Melalui teknik purposive sampling diperoleh sampel penelitian sebanyak 42. Analisis data menggunakan regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa capital employed efficiency human capital efficiency structural capital efficiency dan relational capital efficiency berpengaruh positif signifikan terhadap ROA. Sementara itu innovation capital efficiency tidak memberikan pengaruh pada ROA. Penelitian ini memiliki keterbatasan pada penggunaan sampel penelitian dimana pengukuran variabel independen dalam penelitian ini tidak dapat menunjukkan intellectual capital dengan baik saat diterapkan pada bank umum konvensional. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan pada industri dengan sumber daya manusia yang tinggi seperti agensi industri media industri olah raga dan industri kerajinan tangan. Namun data penelitian untuk industri tersebut cenderung sulit didapatkan sehingga pemerintah diharapkan dapat melindung industri tersebut dengan mendorong dan membantu mereka untuk menjadi industri yang formal dan memiliki legalitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292637

Actions (login required)

View Item View Item