Wijaya, Roni (2017) Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis blog untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengelola aplikasi presentasi (studi pada siswa kelas XI APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang) / Roni Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wijaya Roni. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Blog Pada Mata Pelajaran Mengelola Aplikasi Presentasi (Studi Pada Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. I Nyoman Suputra M.Si Kata kunci media e-learning blog mengelola aplikasi presentasi hasil belajar. Perkembangan zaman yang semakin pesat berdampak pada penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan. Dalam lingkup ini siswa diharapkan memiliki bekal ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas. Penggunaan teknologi seperti pembelajaran berbasis blog dengan menggunakan media pembelajaran e-learning dimaksudkan agar dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu berkompetensi pada masa sekarang dan yang akan datang. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan Media Pembelajaran E-learning berbasis Blog sebagai media pembelajaran yang baik dan digunakan pada mata pelajaran Mengelola Aplikasi Presentasi di SMK Cendika Bangsa Kepanjen (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbentuk blog pada mata pelajaran Mengelola Aplikasi Presentasi di SMK Cendika Bangsa Kepanjen (3) Mengevaluasi hasil belajar siswa kelas XI SMK Cendika Bangsa Kepanjen Program Keahlian Administrasi perkantoran setelah menggunakan media pembelajaran E-learning berbasis Blog pada mata pelajaran Mengelola Aplikasi Presentasi. Data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil kritik dan saran yang diberikan oleh validator yakni ahli media ahli materi dan 5 siswa sebagai subjek uji coba kelompok kecil. Sedangkan data kuantitatif adalah hasil penilaian dari ahli media ahli materi dan 6 subjek uji coba kelompok kecil. Hasil validasi yang dilakukan media dinyatakan layak dan valid dengan memperoleh nilai sebesar 88% dari ahli media 92 5% dari ahli materi dan 86 8% dari user atau siswa. Penelitian pengembangan media terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perolehan hasil rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen sebesar 88 66. Hasil tersebut lebih tinggi dari perolehan rata-rata post test pada kelas kontrol yakni 68 75 dengan selisih 19 91. Dari perolehan rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol tersebut maka media yang dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. ABSTRACT Wijaya Roni. 2017. Development of Media E-learning Based Blog on Subjects Presentation Management to Improve Learning Outcomes of Students (Studies in Class XI Students Administration Office Skills Program SMK Cendika Bangsa). Mini Thesis Department of Management Faculty of Economics University of Malang. Supervisor Drs. I Nyoman Suputra M.Si. Keywords media e-learning blog Presentation Management learning outcomes. The rapid development of the era has an impact on the use of technology in education. In this scope students are expected to have knowledge of knowledge and extensive insight. The use of technology such as blog-based learning using e-learning learning media is intended to produce qualified graduates capable of competence in the present and future. This research and development aims to (1) Developing Learning Media Blog-based E-learning as a good learning medium and used in subjects Presentation Management Manages in SMK Cendika Bangsa Kepanjen (2) Knowing the feasibility of learning media in the form of blog on the subjects of Presentation Management Manage in SMK Cendika Bangsa Kepanjen (3) Evaluate the learning outcomes of students of class XI SMK Cendika Bangsa Kepanjen Office Administration Expertise Program after using learning media E-learning based Blog on subjects Manage Application Presentation. The data used in this research and development are quantitative data and qualitative data. Qualitative data obtained from the results of criticism and suggestions provided by the validator of media experts material experts and 5 students as the subject of small group trials. While quantitative data is the result of assessment from media experts material experts and 6 subjects small group trial. The validation result of the media is valid and valid by obtaining the value of 88% of media experts 92.5% of the material experts and 86.8% of the users or students. Research media development proved to improve student learning outcomes with the average result of posttest value in experimental class of 88.66. The result is higher than the average post test result in the control class that is 68 75 with difference of 19 91. From the average acquisition in the experimental class and control class the media developed effectively used in the learning process to improve student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29263 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |