Pengaruh prestasi belajar mata pelajaran produktif dan praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja peserta didik (Program Keahlian ADP kelas XII di SMK Bhakti Mulia Pare tahun ajaran 2016/2017) / Adelia Karismanda Zamasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh prestasi belajar mata pelajaran produktif dan praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja peserta didik (Program Keahlian ADP kelas XII di SMK Bhakti Mulia Pare tahun ajaran 2016/2017) / Adelia Karismanda Zamasari

Zamasari, Adelia Karismanda (2017) Pengaruh prestasi belajar mata pelajaran produktif dan praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja peserta didik (Program Keahlian ADP kelas XII di SMK Bhakti Mulia Pare tahun ajaran 2016/2017) / Adelia Karismanda Zamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zamasari A.K. 2017. Pengaruh Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif dan Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik(Program Keahlian Administrasi Perkantoran Kelas XII di SMK Bhakti Mulia Pare Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing H. Imam Bukhori S.Pd M.M. M.Pd Kata Kunci prestasi belajar mata pelajaran produktif praktik kerja industri kesiapan kerja peserta didik Prestasi belajar siswa kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Bhakti Mulia Pare diukur dengan menggunakan rata-rata raport dari tujuh mata pelajaran produktif Administrasi Perkantoranyang sudah ditempuh peserta didik. Dan Praktik Kerja Industri (Prakerin) merupakan salah satu program yang bertujuan agar peserta didik dapat mengaplikasikan teori yang mereka dapatkan dari sekolah pada dunia usaha/industri yang sesungguhnya. Prakerin dilakukan dengan tujuan agar peserta didik memiliki kesiapan kerja ketika lulus dari sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Praktik Kerja industri dan Kesiapan Kerja peserta didik (2) Pengaruh prestasi belajar mata pelajaran produktif terhadap kesiapan kerja peserta didik (3) Pengaruh praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja peserta didik dan (4) Pengaruh prestasi belajar mata pelajaran produktif dan praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Ex-Post Facto dan analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran yang terdiri dari 46 peserta didik. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan angket tertutup dan menggunakan dua uji kelayakan yakni uji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda yang terdapat dalam penelitian ini menggunakan bantuan software program SPSS 23.00 for windows. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Hasil analisis statistik deskriptif dapat diketahui bahwa hasil prestasi belajar mata pelajaran produktif tergolong tinggi praktik kerja industri tergolong baik dan juga kesiapan kerja peserta didik tergolong baik (2) Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan antara prestasi belajar mata pelajaran produktif terhadap kesiapan kerja peserta didik dan terdapat pengaruh positif dan signifikan praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja peserta didik (3) Hasil uji F diketahui bahwa terdapat pengaruh antara prestasi belajar mata pelajaran produktif dan praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja peserta didik kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Bhakti Mulia Pare. Berdasarkan uraian diatas peneliti menyimpulkan 1. terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan antara prestasi belajar mata pelajaran produktif dengan kesiapan kerja peserta didik program keahlian administrasi perkantoran kelas XII di Smk Bhakti Mulia Pare.2. terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Praktik Kerja Industri dengan Kesiapan Kerja peserta didik program keahlian administrasi perkantoran kelas XII di Smk Bhakti Mulia Pare. 3. ada pengaruh positif dan signifikan antara Prestasi belajar mata Pelajaran Produktif dan Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja Peserta didik Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas XII di Smk Bhakti Mulia Pare . Serta peneliti menyarankan (1) Bagi Guru Pelajaran Produktif di SMK BhaktiMulia Pare guru sebaiknya memiliki kedekatan hubungan dengan peserta didik baik di dalam maupun di luar sekolah terlebih untuk guru mata pelajaran pengantar akutansi. Hubungan yang terjalin dengan baik antara guru dengan peserta didik dapat berdampak baik ketika proses pembelajaran di kelas sehingga ketika di kelas suasana pembelajaran menjadi nyaman. Terkait model pembelajaran dalam pengantar akuntasi seharusnya yang digunakan oleh guru saat mengajar sebaiknya lebih bervariasi dan kontekstual supaya memancing peserta didik lebih aktif dalam pelajaran pengantar akutansi. (2) Bagi Peserta didik program keahlian administrasi perkantoran di SMK Bhakti Mulia pare. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini peserta didik sebaiknya senantiasa meningkatkan keterampilan dan pengetahuannya melalui belajar. Karena masih terdapat 6 4% peserta didik yang memiliki nilai yang tidak mencapai KKM untuk mata diklat produktif karena evaluasi yang dilakukan tidak cukup hanya dari pihak guru saja melainkan dari masing-masing individu siswa untuk lebih meningkatkan prestasinya. (3) Bagi Peneliti Selanjutnya. Penelitian ini membahas tentang Kesiapan Kerja yang melibatkan dua variabel bebas yaitu Prestasi Belajar mata Pelajaran Produktif dan Praktik Kerja Industri. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya meneliti variabel lain yang dapat mempengaruhi Kesiapan Kerja misalnya motivasi kerja dan Bimbingan karir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29262

Actions (login required)

View Item View Item