Pengembangan media pembelajaran melakukan prosedur administrasi dengan menggunakan adobe flash CS 6 untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Adper di SMKN 2 Kediri dan SMK PGRI 2 Kediri) / Lia Linawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran melakukan prosedur administrasi dengan menggunakan adobe flash CS 6 untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Adper di SMKN 2 Kediri dan SMK PGRI 2 Kediri) / Lia Linawati

Linawati, Lia (2017) Pengembangan media pembelajaran melakukan prosedur administrasi dengan menggunakan adobe flash CS 6 untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Adper di SMKN 2 Kediri dan SMK PGRI 2 Kediri) / Lia Linawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lia Linawati. 2017. Pengembangan Media PembelajaranMelakukanProsedurAdministrasidenganmenggunakan Adobe Flash CS6 (Studipada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Kediri dan SMK PGRI 2 Kediri). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Agus Hermawan M.Si GradDipMgt M.Bus. Kata Kunci media Adobe Flash CS6 MelakukanProsedur Administrasi Media merupakan suatu alat bantu mengajar yang bisa terdiri dari video film gambar animasi suara dan sebagainya yang digunakan dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia dengan menggunakan Adobe Flash CS6 (2) menguji kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia dengan menggunakan Adobe Flash CS6 (3) mengetahuiperbandingan hasil belajar kelas eksperimen1 dan eksperimen 2. Penelitian dan Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Research and Development adaptasi pengembangan milik Borg and Gall. Berdasarkan langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang telah dimodifikasi peneliti sebegai berikut (1)PenelitiandanPengumpulaninformasi (2) perencanaan (3) pengembangan draft produk (4) ujicobalapanganawal (5) revisiprodukutama dan(6) ujicobalapangan. Instrumen pengumpulan data diperoleh dari pedoman wawancara lembar validasi dan kuesioner lembar observasi dan tes. Subyek pada penelitian ini yaitu validator ahli materi dari guru produktif administrasi perkantoran di SMK Negeri 2 Kediri dan SMK PGRI 2 Kediri dan validator media dari Dosen Manajemen Universitas Negeri Malang. Penelitian ini mengambil dua Sekolah sebagai subyek penelitian yaitu X APK 4 SMK Negeri 2 Kediri sebagai kelas Eksperimen1 dan X APK 1 SMK PGRI Kediri sebagai kelas Eksperimen2. Hasil validasi ahli materi mencapai 90 59 yang menyatakan media pembelajaran valid dan layak digunakan dan hasil validasi media mencapai 92 18 yang menyatakan media valid dan layak digunakan.Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan Adobe Flash CS6. Hasil tersebut dapat ditunjukan rata-rata nilai kelas eksperimen1 sebelum menggunakan media 71 01 dan rata-rata nilai setelah menggunakan media 92 63. Hasil rata-rata nilai kelas eksperimen2 sebelum menggunakan media 78 dan rata-rata nilai setelah menggunakan media 83 61. Berdasarkan perbandingan nilai tersebut maka media pembelajaran menggunakan Adobe Flash CS6 yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen1 dan kelas eksperimen2. Ada beberapa saran dari peneliti yaitu 1) saran pemanfaatan media pembelajaran Melakukan Prosedur Administrasi dapat dijadikan referensi guru untuk mendukung kegiatan pembelajaran dikelas ketika menggunakan media pembelajaran Melakukan Prosedur Administrasi hendaknya tidak lepas dari pantauan dan bimbingan guru. 2) saran diseminasi yaitu dengan mensosialisasikan media ini pada forum MGMP yang diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru 3) saran pengembangan lebih lanjut tidak hanya berfokus pada satu ranah saja yaitu ranah kognitif pengembangan produk yang akan datang hendaknya dapat membuat produk degan materi lain. ABSTRACT Lia Linawati. 2017. The Development of Media Implementation of Teaching Media for Administrative Procedure Using Adobe Flash CS6 (Study of X grade Students of Administration Office Competency at SMK Negeri 2 Kediri and SMK PGRI 2 Kediri). Sarjana s Thesis Manajement Department S1 Office Administration Education Universitas Negeri Malang. Advisor (1) Dr. Agus Hermawan M.Si GradDipMgt M.Bus. Keywords Teaching media Adobe Flash CS6 for Administrative Procedure Teaching media is an teaching tool that can consist of videos movies pictures animations sounds and many more that used to the learning process to reach the purpose of learning.Through the medium of the students can study independently with guidance from teachers of subjects. l.This research aims to (1) create a teaching media based on Adobe Flash CS6 (2) know the feasibility of the product through validity test (3) know the comparison of the class eksperimen1 and experimentation2. This research design is using modification development of adaption model Research and Development by Borg and Gall. Based on the research s steps that have been modified by the researcher there are some steps that have been done (1) data collection (2) planning (3) develop the draft of the product (6) field trial. The instrument data are collected trought interview validity and questionnaire observation and test. Subjects of this research are material validator from productive teacher of Office Administration SMKN 2 Kediri and productive teacher of Office Administration SMK PGRI 2 Kediri and media validator from Manajement Lecturer of State University of Malang. The other research s subject are taken from two school which are X APK 4 SMKN 2 Kediri and X APK 1 SMK PGRI 2 Kediri. Result of validity by the material validator achieves 90 59% show that the media is valid and could be used but required some revisions and while the result of validity by the media validator achieves 92 18 which shows that the media is valid and being used. The result showed an increase in learning outcomes of learners after using multimedia based media learning using Adobe Flash CS6.The result can be shown the average of esperiment class value 1 before using media 71.01 and averange value after using media 92 63. Average result of eksperiment class value 2 before using media 78 and averange value after using media 83 61. Based on the comparison of these values then the learning media using Adobe Flash CS6 developed to improve student learning outcomes in the experiment class 1 and experiment class 2. There are some suggestion from the researcher which are 1) this media could be used as the references by the teachers of Procedur Administration to teach in class while using it the teachers should pay attention on the intructions and the manual of the media and always guide the students who use it 2). dissemination suggestion is to socialite this media to MGMP forum that could be used as references for other teachers 3) or future researchers and developers of the product are suggested not only focus on aspect of the cognitive but also other materials.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29257

Actions (login required)

View Item View Item