Pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, dan social media marketing terhadap repurchase intention konsumen tokopedia Indonesia melalui customer satisfaction / Farah Fathimah Az-zahra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, dan social media marketing terhadap repurchase intention konsumen tokopedia Indonesia melalui customer satisfaction / Farah Fathimah Az-zahra

Az-zahra, Farah Fathimah (2023) Pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, dan social media marketing terhadap repurchase intention konsumen tokopedia Indonesia melalui customer satisfaction / Farah Fathimah Az-zahra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Era digital saat ini telah mempengaruhi perubahan perilaku belanja konsumen dari belanja tradisional menjadi belanja online melalui e-commerce. Saat ini perkembangan e-commerce di Indonesia mengalami pertumbuhan tercepat kedua setelah Vietnam dan diproyeksikan akan terus tumbuh. Oleh karena itu penting bagi e-commerce menerapkan berbagai strategi guna menarik pelanggan melakukan pembelian berulang dan mempertahakan eksistensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pengaruh perceived ease of use perceived usefulness dan social media marketing terhadap repurchase intention melalui customer satisfaction Tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan lima jenis variabel yaitu variabel independen yang mencakup Perceived Ease Of Use (X1) Perceived Usefulness (X2) Social Media Marketing (X3). Kemudian variabel dependen Repurchase Intention (Y) dan variabel mediasi Customer Satisfaction (Z). Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah generasi Z di Kota Malang yang pernah melakukan transaksi lebih dari satu kali di aplikasi Tokopedia Indonesia. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 204 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis SEM PLS (Structual Equation Model ndash Partial Least Square) dengan aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perceived ease of use perceived usefulness dan social media marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap customer satisfaction. Selain itu social media marketing dan customer satisfaction juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap repurchase intention. Lebih lanjut customer satisfaction memainkan peran mediasi secara positif dan signifikan terhadap variabel yang diusulkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:29
Last Modified: 05 Dec 2023 07:13
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292568

Actions (login required)

View Item View Item