Analisis proses retensi tenaga pengajar (guru) madrasah di sekolah madrasah aliyah al-bairuny jombang / Mochammad Alif Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis proses retensi tenaga pengajar (guru) madrasah di sekolah madrasah aliyah al-bairuny jombang / Mochammad Alif Arifin

Arifin, Mochammad Alif Arifin (2023) Analisis proses retensi tenaga pengajar (guru) madrasah di sekolah madrasah aliyah al-bairuny jombang / Mochammad Alif Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu aset bernilai dalam suatu organisasi adalah sumber daya manusia. Sumber daya manusia dengan keterampilan dan pengetahuannya merupakan aset penting dari sebuah organisasi. Oleh karena itu organisasi harus mampu memberikan yang terbaik untuk sumber daya manusia yang dimiliki agar mereka memberikan kontribusi maksimal terhadap organisasi. Salah satu upaya terbaik yang dapat dilakukan perusahaan terhadap sumber daya manusia yang dimilikinya yaitu dengan program retensi karyawan. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian untuk melihat bagaimana strategi retensi melalui faktor penentu retensi serta alasan tinggal tenaga pengajar di Madrasah dalam hal ini guru di Madrasah Aliyah Al Bairuny Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah studi kasus (case study) yang menjadi bagian dari teknik kualitatif yang akan mengkaji suatu masalah tertentu dengan lebih detail dengan menggabungkan pengumpulan beraneka sumber informasi. Informan pada penelitian ini berjumlah 9 orang yang meliputi kepala madrasah staf madrasah dan guru. Penentuan informan ini menggunakan teknik snowball sampling dimana teknik ini dipilih oleh peneliti untuk memperoleh banyak informasi yang dapat melengkapi data peneliti secara tepat dan fokus ke penelitian ini. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan tiga macam teknik pengumpulan data yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan pada hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) Komponen organisasi yang meliputi hubungan antara guru dan pimpinan dapat dikatakan sangat baik. MA Al-Bairuny sangat mengutamakan kekeluargaan begitupun dengan pimpinan. (2 Dalam pengembangan karir organisasional karir yang diterima guru dapat berupa jam mengajar yang ditambah jabatan tambahan seperti menjadi wali kelas staf tata usaha kepala lab atau wakil kepala. (3) Penghargaan yang diperoleh guru di MA Al Bairuny yaitu dengan pemberian jam mengajar tambahan yang disesuaikan dengan kualitas dan lama guru mengajar di sekolah pemberian intensif serta lingkungan kerja yang nyaman (4) Rancangan tugas dan pekerjaan di MA Al Bairuny yaitu dengan membagi tugas guru sesuai dengan kemampuan dan pengalamannya (5) Pola relasi yang dibentuk di MA Al-Bairuny dikembangkan berdasarkan sikap saling tolong menolong dan gotong royong yang tercermin pada sikap kekeluargaan (6) Niat atau alasan pribadi guru atau staf untuk bertahan dikarenakan pengabdian yang tulus tanpa mengharapkan gaji yang besar. Selain itu motivasi dari orang tua selaku keluarga yang memberikan dukungan yang besar terhadap pekerjaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292567

Actions (login required)

View Item View Item