Putri, Rohman Ningrum Anisa (2017) Pengaruh gaya mengajar guru dan kondisi laboratorium perkantoran terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran produktif (studi pada kelas X Program Keahlian APK di SMK Muhammadiyah 2 Pagak) / Rohman Ningrum Anisa Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Putri Rohman Ningrum Anisa. 2017. Pengaruh Gaya Mengajar Guru Dan Kondisi Laboratorium Perkantoran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produktif (Studi pada Kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Pagak). Skripsi. Program Studi Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd M.M Kata kunci Gaya Mengajar Guru Kondisi Laboratorium Perkantoran Hasil Belajar Kurangnya minat peserta didik dalam memahami pelajaran produktif hal ini terlihat pada saat pembelajaran peserta didik kurang memperhatikan materi yang diberikan dalam belajar. Hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh gaya mengajar guru dan kondisi laboratorium perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Pagak terhadap hasil belajar peserta didik. Maka penelitian ini mendeskripsikan dan memaparkan pengaruh gaya mengajar guru laboratorium perkantoran dan hasil belajar peserta didik kelas X APK. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Langkah penelitian yang ditempuh adalah (1) Pengembangan Instrumen (2) Pengujian Instrumen (3) Teknik Pengumpulan Data (4) Uji Hipotesis. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui kuisioner. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif uji asumsi klasik regresi linier berganda uji hipotesis. Penelitian ini menghasilkan skor rata-rata jawaban responden tertinggi variabel X1 yaitu 15 item pertanyaan dari 3 indikator adalah sebesar 4 14. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar guru pada peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 2 Pagak adalah baik sedangkan variabel X2 yaitu 12 item pertanyaan dari 7 indikator adalah sebesar 4 02. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kondisi laboratorium perkantoran pada peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 2 Pagak adalah baik. Adapun dari variabel hasil belajar diperoleh dari rata-rata nilai UTS dan praktek pada mata pelajaran Produktif. Hasil belajar yang terdapat pada rata-rata nilai UTS dan Praktek dari 70 siswa diketahui terdapat nilai rentangan 75-90 dan 69-74. Hasil uji coba ini menunjukkan bahwa 88 5% atau 62 responden memiliki hasil belajar yang sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sedangkan 11 5% atau 8 responden memiliki hasil belajar yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini menunjukkan hasil yang positif signifikan. Dari penelitian ini saran yang diberikan guru dapat memberikan pembelajaran pada peserta didik untuk lebih mengoptimalkan hasil belajar selain itu saran bagi peneliti yaitu untuk lebih memperhatikan variabel-variabel lain yang berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29256 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |