Pengaruh perceived ease of use dan perceived value terhadap continuance intention to use dengan attitude sebagai variabel intervening / TAUFIK QUROHMAN - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh perceived ease of use dan perceived value terhadap continuance intention to use dengan attitude sebagai variabel intervening / TAUFIK QUROHMAN

Qurohman, Taufik Qurohman (2023) Pengaruh perceived ease of use dan perceived value terhadap continuance intention to use dengan attitude sebagai variabel intervening / TAUFIK QUROHMAN. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan internet yang begitu pesat mendorong masyarakat masuk kedalam era adaptif teknologi. Internet selanjutnya dimanfaatkan untuk menunjang gaya hidup masyarakat salah satunya adalah untuk mengunduh dan menonton film. Perusahaan-perusahaan yang melihat peluang inipun bersaing untuk mendapatkan pelanggan dengan membuat platform Subscription Video on Demand (SVOD). Platform SVOD kemudian berkembang dengan pesat sehingga terus memunculkan merek-merek baru di pasar. Apabila Netflix dulu dikenal sebagai perusahaan streaming film dengan pangsa pasar tertinggi saat ini kehadiran pesaingnya seperti Disney mampu menarik pelanggan dari Netflix. Perusahaan SVOD kemudian mempertimbangkan dua faktor penting ketika ingin mengembangkan platformnya yaitu faktor kemudahan dan nilai yang diberikan. Sehingga peneliti tertarik untuk membuat penelitian yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Continuance Intention to Use pada pengguna platform SVOD di Indonesia seperti Perceived Ease of Use dan Perceived Value. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jneis penelitian deskriptif dan eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini tidak terbatas (infinite population) dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik Purposive Sampling. Terdapat 253 responden yang dijadikan sebagai partisipan dalam survey online. Responden merupakan Generasi Z pengguna platform SVOD di Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS) dengan SmartPLS3 sebagai software pengolah data. Hasil penelitian mengkonfirmasi pengaruh kuat antara Attitude dengan Continuance Intention to Use. Selain itu Attitude juga diketahui mampu untuk memediasi pengaruh secara parsial dan penuh antara Perceived Ease of Use dan Perceived Value terhadap Continuance Intention to Use. Keunikan terjadi dimana Perceived Ease of Use tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Continuance Intention to Use. Meskipun begitu Perceived Value diketahui dapat berpengaruh terhadap Continuance Intention to Use. Terakhir pengaruh langsung antara Perceived Ease of Use dan Perceived Value terhadap Attitude memiliki pengaruh yang secara signifikan antar keduanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292530

Actions (login required)

View Item View Item