Penerapan model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada KD menguraikan cara pengoperasian pemesanan atau pembelian online (studi pada siswa kelas X APK SMK Cendika Bangsa) / Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada KD menguraikan cara pengoperasian pemesanan atau pembelian online (studi pada siswa kelas X APK SMK Cendika Bangsa) / Firdaus

Nuzula, Firdausi (2017) Penerapan model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada KD menguraikan cara pengoperasian pemesanan atau pembelian online (studi pada siswa kelas X APK SMK Cendika Bangsa) / Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuzula Firdausi. 2017. Penerapan Model Pembelajaran REACT (Relating Experiencing Applying Cooperating dan Transferring) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Menguraikan Cara Pengoperasian Pemesanan atau Pembelian Online. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M. Kata Kunci Model Pembelajaran REACT (Relating Experiencing Applying Cooperating dan Transferring) Hasil Belajar Siswa. Berdasarkan observasi yang dilakukan di sekolah SMK Cendika Bangsa pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran kelas X APK diketahui bahwa penerapan model pembelajaran masih kurang bervariasi yang membuat siswa merasa bosan siswa belum terbiasa mengaitkan konsep baru dalam kehidupan nyata proses pembelajaran masih berorientasi pada guru sehingga siswa belum terbiasa menggali pengetahuan sendiri beberapa siswa masih kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat mereka di depan kelas. Oleh karena itu peneliti memilih alternatif untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran REACT. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui prosedur penerapan model pembelajaran REACT dan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa kelas X APK pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran di SMK Cendika Bangsa. Penelitian ini dilakukan pada 15 April 2017 hingga 9 Mei 2017. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Model penelitian yang digunakan adalah model spiral dari Kemmis- Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X APK SMK Cendika Bangsa yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi tes wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran REACT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran kelas X APK SMK Cendika Bangsa. Hasil pada nilai ulangan rata-rata kelas X APK sebesar 66 6% meningkat 8 2% pada postest siklus I menjadi 74 8% dan meningkat pada postest siklus II menjadi 88 3%. Persentase pada ranah afektif siklus I diperoleh 78 9% dan meningkat pada siklus II menjadi 91 3%. Sedangkan pada ranah psikomotorik siklus I diperoleh 77 7% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90 9%. Model pembelajaran REACT ini sangat tepat diterapkan khususnya untuk mata pelajaran yang bersifat produktif. Hal tersebut dapat ditunjukkan pada persentase peningkatan hasil belajar siswa ranah afektif dan psikomotorik pada penelitian ini lebih tinggi apabila dibandingkan dengan persentase hasil belajar pada ranah kognitif siswa. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yaitu (1) Bagi guru penerapan model pembelajaran REACT dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan model pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya untuk mata pelajaran yang bersifat produktif (2) Bagi siswa kelas X APK di SMK Cendika Bangsa belajar untuk bekerja sama dengan semua teman sekelas dan berani untuk mengemukakan pendapat selama berdiskusi serta dapat meningkatkan aktivitas selama proses pembelajaran berlangsung (3) Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya menyusun indikator penilaian yang sesuai dengan tahapan model pembelajaran REACT dan memilih materi yang cakupannya lebih kompleks supaya proses diskusi siswa dapat maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29253

Actions (login required)

View Item View Item