Analisis kompetensi pedagogik guru dalam komunikasi dengan peserta didik (studi pada guru Program Keahlian Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 3 Malang) / Dewi Hanifa Puspita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kompetensi pedagogik guru dalam komunikasi dengan peserta didik (studi pada guru Program Keahlian Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 3 Malang) / Dewi Hanifa Puspita Sari

Sari, Dewi Hanifa Puspita (2017) Analisis kompetensi pedagogik guru dalam komunikasi dengan peserta didik (studi pada guru Program Keahlian Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 3 Malang) / Dewi Hanifa Puspita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi Hanifah Puspitasari. 2017. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Komunikasi Dengan Peserta Didik (Studi Pada Guru Program Keahlian Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 3 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. H. Sutrisno M.M. Kata Kunci Kompetensi Pedagogik Guru Komunikasi Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Salah satu komponen kompetensi pedagogik adalah komunikasi guru dengan peserta didik yang menekankan pada tiga apek komunikasi yaitu komunikasi yang efektif empati dan santun. Komunikasi tersebut sangat penting bagi terlaksananya proses belajar mengajar karena komunikasi yang harus dibangun oleh guru adalah komunikasi yang dapat mengubah sikap dan perilaku anak didik menjadi lebih baik. Komunikasi yang tidak berjalan dengan baik akan menjadikan proses belajar mengajar tidak dapat berjalan secara optimal. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui Kompetensi pedagogik guru program keahlian akomodasi perhotelan di SMK Negeri 3 Malang dalam menyelenggarakan proses pembelajaran kepada peserta didiknya dengan menguasai komunikasi yang efektif empati dan santun. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik. Data penelitian berupa paparan komunikasi yang efektif empati dan santun yang dilakukan guru dengan peserta didiknya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan kegiatan triagulasi sumber data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap penelaahan data indentifikasi data dan tahap evaluasi data. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan (1) Penyelenggaran kompetensi pedagogik untuk aspek komunikasi guru dan siswa secara efektif sudah cukup baik. Hal ini terlihat dari banyaknya indikator proses belajar mengajar yang menunjukkan upaya guru untuk melakukan komunikasi yang efektif walaupun masih ditemukan beberapa kelemahan seperti adanya keterlambatan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar tanpa pemberitahuan dan pemberian tugas sehingga situasi kelas menjadi tidak kondusif. Kurangnya kemampuan guru dalam pengelolaan kelas khususnya sebagai pengendali penerapan metode kelompok yang terlihat dari sikap guru yang membiarkan seorang siswa yang terdiam tanpa bergabung dengan kelompoknya untuk mengerjakan tugas kelompok. (2) Penyelenggaraan kompetensi pedagogik untuk aspek komunikasi guru dan siswa secara empati masih perlu ditingkatkan terutama perhatian kepada siswa yang dapat meningkatkan dan memahami kondisi siswa. (3) Guru program keahlian akomodasi perhotelan di SMK Negeri 3 Malang sudah baik dalam menyelenggarakan kompetensi pedagogik untuk aspek komunikasi guru dan siswa secara santun. Karena guru telah menerapkan komunikasi santun baik dari perilaku sopan bahasa yang lugas dan sopan maupun memperhatikan tatakrama dan etika yang berlaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29251

Actions (login required)

View Item View Item