Pengaruh perceived usefulness dan perceived credibility terhadap behavioral intention to use pada digital banking dengan trust sebagai variabel mediasi / Syahrul Ikhsan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh perceived usefulness dan perceived credibility terhadap behavioral intention to use pada digital banking dengan trust sebagai variabel mediasi / Syahrul Ikhsan

Ikhsan, Syahrul Ikhsan (2023) Pengaruh perceived usefulness dan perceived credibility terhadap behavioral intention to use pada digital banking dengan trust sebagai variabel mediasi / Syahrul Ikhsan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Meningkatnya penggunaan internet bonus demografi dan dukungan pemerintah akan ekosistem ekonomi digital mendorong Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi digital tertinggi di dunia. Fenomena tersebut tentu menjadi kesempatan dan tantangan bagi perbankan karena semakin ketatnya persaingan di sektor keuangan terlebih setelah meningkatnya penggunaan fintech di Indonesia. Dalam mengahadapi persaingan industri fintech digital banking diciptakan sebagai inovasi perbankan dengan menargetkan generasi digital savvy khususnya Gen-Z sebagai calon pengguna. Digital banking merupakan financial technology yang tergolong baru dan belum familiar di masyarakat untuk itu behavioral intention to use atau minat untuk menggunakan digital banking penting untuk diteliti. Perceived usefulness perceived credibility dan trust diuji hubungan dan pengaruhnya terhadap behavioral intention to use yang didasarkan pada beberapa fenomena seperti digital banking yang dikenalkan kepada masyarakat sebagai the next-generation bank tanpa cabang (branchless) tingginya angka kebocoran data di Indonesia serta produk dan layanan digital banking yang 100% berbasis digital dimana tidak ada kontak fisik antara penjual dan pembeli. Metode penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan 274 Gen-Z dijadikan sebagai partisipan dalam survey online. Adapun SEM-PLS digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil analisis menemukan bahwa perceived usefulness dan trust berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention to use. Kemudian ditemukan fakta unik bahwa perceived credibility (privacy dan security) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap niat menggunakan digital banking. Adapun trust merupakan faktor utama dalam membangun niat untuk menggunakan digital banking dimana dapat memediasi antara perceived credibility dan perceived usefulness terhadap behavioral intention to use pada digital banking di Indonesia. Dengan begitu penelitian ini berkontribusi pada literatur pemasaran dimana trust merupakan faktor utama dalam membangun niat untuk menggunakan digital banking.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292501

Actions (login required)

View Item View Item