Pengembangan modul administrasi sarana dan prasarana pada kompetensi dasar menentukan administrasi perencanaan pengadaan dan permintaan sarana dan prasarana untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI APK SMK PGRI 2 Malang) / Maria Serafin Awi Taji - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul administrasi sarana dan prasarana pada kompetensi dasar menentukan administrasi perencanaan pengadaan dan permintaan sarana dan prasarana untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI APK SMK PGRI 2 Malang) / Maria Serafin Awi Taji

Taji, Maria Serafin Awi (2017) Pengembangan modul administrasi sarana dan prasarana pada kompetensi dasar menentukan administrasi perencanaan pengadaan dan permintaan sarana dan prasarana untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI APK SMK PGRI 2 Malang) / Maria Serafin Awi Taji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maria S. A. Taji. 2013. Pengembangan Modul Administrasi Sarana dan Prasarana pada Kompetensi Dasar Menentukan Administrasi Perencanaan Pengadaan dan Permintaan Sarana dan Prasarana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Kelas XI APK SMK PGRI 2 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Hj. Wasiti S.Sos M.M Kata Kunci Administrasi Sarana dan Prasarana Modul Metode Penelitian Borg Gall Pendidikan mempunyai peranan yang penting bagi masyarakat Indonesia agar menghasilkan masyarakat yang beriman produktif kreatif inovatif dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Pemerintah terus menerus melakukan peningkatan terhadap kualitas pendidikan di Indonesia salah satunya menetapkan kurikulum 2013 yang mana kurikulum ini lebih difokuskan pada pembentukan karakter dan kompetensi peserta didik berupa paduan pengetahuan sikap dan ketrampilan yang dipelajari secara nyata oleh peserta didik. Mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana merupakan salah satu mata pelajaran baru setelah penerapan kurikulum 2013. Bahan ajar baik berupa modul ataupun buku pada mata pelajaran ini sangat terbatas. Oleh karena itu perlu dikembangkan modul mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana kelas XI APK pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menghasilkan Modul Mata Pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana untuk siswa kelas XI Administrasi Perkantoran kompetensi dasar Menentukan Administrasi Perencanaan Pengadaan dan Permintaan Sarana dan Prasarana (2) untuk mengetahui kelayakan modul melalui uji validitas serta (3) untuk mengetahui efektivitas modul dengan melihat perbedaan hasil belajar siswa kelas XI APK SMK PGRI 2 Malang. Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Borg Gall yang terdiri dari sepuluh langkah yang mana kesepuluh langkah tersebut telah dimodifikasi peneliti menjadi delepan langkah yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian tenaga biaya dan waktu peneliti. Kedelapan langkah tersebut diantaranya (1) penelitian dan mengumpulkan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan format produk awal (4) uji coba awal (5) revisi produk (6) uji coba lapangan (7) revisi produk (8) uji lapangan. Validator dalam penelitian ini adalah satu dosen jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang sebagai validator ahli media guru mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana SMK PGRI 2 Malang sebagai validator ahli materi dan enam siswa kelas XI APK 1 SMK PGRI 2 malang sebagai pengguna. Hasil penelitian menujukkan bahwa modul pembelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana valid dan layak digunakan pada proses belajar mengajar. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata hasil validasi ahli modul ahli materi dan siswa dengan total rata-rata sebesar 83 52% yang artinya memenuhi kriteria sangat valid/layak digunakan. Sedangkan perbandingan hasil belajar kelas ekperimen dan kontrol sebesar 6 7 dengan rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 80 02 dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 75 dengan ketuntasan sebesar 84% dan kelas kontrol sebesar 73 32 dengan ketuntasan sebesar 64%. Hasil belajar ini diperoleh setelah tiga ranah pembelajaran dikalkulasi yaitu ranah kognitif afektif dan psikomotorik untuk mendapatkan rata-rata kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29250

Actions (login required)

View Item View Item