Pengembangan modul pada standart kompetensi mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi berbasis demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran di SMK Ma'arif Tanggulangin Sidoarjo / Elly Resti An - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pada standart kompetensi mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi berbasis demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran di SMK Ma'arif Tanggulangin Sidoarjo / Elly Resti An

Anggraeni, Elly Resti (2017) Pengembangan modul pada standart kompetensi mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi berbasis demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran di SMK Ma'arif Tanggulangin Sidoarjo / Elly Resti An. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraeni Elly Resti. 2017. Pengembangan Modul Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi Berbasis Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Studi pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Ma arif Tanggulangin Sidoarjo). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Heny Kusdianti. S.Pd. M.M Kata Kunci Modul Demonstrasi Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi Penelitian Pengembangan ini didasari oleh terbatasnya bahan ajar mata pelajaran Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa guru lebih banyak menyampaikan materi dan memberikan tugas kepada siswa dan selama proses pembelajaran berlangsung siswa mencatat apa yang dijelaskan guru dan mencatat tugas yang diberikan guru sehingga sebelum pembelajaran berakhir siswa mulai lelah dan bosan karena kuarang ketersediannya bahan ajar untuk siswa dan kurang antusiasnya siswa dalam proses pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil belajar. Pembelajaran mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi dengan berbasis demonstrasi diharapkan membuat siswa dengan mudah memahami materi dalam proses pembelajaran. Tujuan peneliti adalah (1) untuk menghasilkan modul Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi Berbasis Demonstrasi pada siswa SMK/MAK kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran (2) untuk mengetahuai kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi (3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan modul dengan siswa yang tidak menggunakan modul Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi Berbasis Demonstrasi di SMK Ma arif Tanggulangin Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan 4D dalam Trianto yang terdiri 4 tahap. Tahap 1 Mendefinisikan (define) analisis keadaan awal lapangan analisis siswa analisis materi analisis tugas analisis tujuan pembelajaran. Tahap II Merancang (design) menyusun tes pemilihan format rancangan awal. Tahap III Pengembangan (develop) melakukan validasi ahli uji pengembangan revisi produk uji coba lapangan. Tahap IV Menyebarluaskan (disseminate) Penyebaran Produk Akhir padakelas X APK 1. Produk pengembangan berupa modul mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi berbasis demonstrasi yang merupakan bahan ajar tercetak. Hasil validasi produk oleh ahli materi (98.86%) ahli modul (96.87%) dan siswa(95.07%) menunjukkan tanggapan positif untuk setiap indikator. Rata-rata nilai akhir tes kongnitif kelas eksperimen sebesar 80.36 dan kelas kontrol 69.38. Hasil validasi dan uji coba menunjukkan bahwa modul mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi berbasis demonstrasi sangat valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SMK Ma arif Tanggulangin Sidoarjo. Saran dan pemanfaatan produk lebih lanjut diuraikan sebagai berikut (a) Pengembangan modul pembelajaran berbasis demonstrasi ini sebatas pada standar kompetensi mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi. Harapannya dapat dikembangkan juga pada standar kompetensi yang lainnya maupun pada mata pelajaran administrasi perkantoran yang lain. (b) Pengembangan modul pembelajaran berbasis demonstrasi ini pada tahap penyebaran hanya dilakukan pada satu kelas saja. Harapannya modul yang dicetak sesuai dengan jumlah keseluruhan siswa untuk memperlancar proses pembelajaran. (c) Uji coba modul yang dikembangkan untuk mengukur hasil belajar hanya terbatas pada ranah kongnitif. Harapannya penulis disarankan juga untuk mengukur hasil belajar modul dari semua aspek penilaian yaitu psikomotorik (keterampilan) dan afektif (sikap).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29249

Actions (login required)

View Item View Item